Sunday, December 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ilmuwan Singapura Berhasil Mengirim Jus Lemon Melalui Internet

Bayangkan jika kamu barusan meminum sesuatu yang segar dan kamu dapat secara langsung berbagi kepada teman-teman kamu di lokasi yang berbeda? Well, kabar baiknya hal itu mungkin terjadi dalam waktu dekat ini. Para ilmuwan tengah mengujinya.

Pusat CUTE Keio-NUS yang merupakan kepanjangan dari Connective Ubiquitous Technology for Embodiments adalah kolabarasi antara universitas Jepang, Keio dan National University of Singapore dalam bidang Interactive Digital Media. Mereka telah mengklaim bahwa para ilmuwannya telah menemukan cara untuk mengenali rasa dan warna dari jus lemon dan mampu mengirimkannya ke sebuah gelas khusus yang berisi air putih. Gelas tersebut menggunakan cahaya LED untuk meniru warna dari jus lemon, sementara kepingan logam yang dipasang di bagian atas cangkir berfungsi sebagai pengirim rasa asam lemon ke lidah. Sebagai informasi, teknologi ini belum sampai ke level mengubah rasa air menjadi rasa minuman anggur.

“Kami memilih jus lemon karena rasa asam merupakan salah satu sensasi yang dapat ditiru melalui aliran listrik,” ungkap Nimensha Ranasinghe, satu dari empat anggota proyek terkait dan merupakan anggota riset di NUS. Ia menambahkan simulasi yang dihasilkan tidak terbatas pada rasa asam saja, tetapi jugan memungkinkan untuk meniru rasa manis, asin atau pahit.

Proyek yang mulai dipromosikan dengan gencar oleh para peniliti sejak akhir Maret ini, bukan sebatas hanya mencontoh rasa yang ada, tetapi juga merupakan suatu percobaan untuk mengetahui apakah mungkin untuk “menciptakan pengalaman baru seperti berbicara lewat minuman hingga berbagi pengalaman secara terpisah,” ungkapnya lagi. Menggunakan arus listrik untuk mensimulasi rasa bukanlah hal yang baru. Para peneliti dari Jepang dan Amerika Serikat dikabarkan juga tengah melakukan percobaan untuk mengelabui lidah untuk merasakan rasa tertentu.

Cara kerja teknologi tersebut adalah pertama-tama mencelupkan suatu batang yang dilengkapi dengan sensor pH dan warna ke dalam gelas minuman, kemudian batang tersebut akan mengirimkan data ke gelas khusus tadi.
Dua garis logam yang ada pada cangkir akan secara mensimulasi rasa ke lidah. Dan kamu tak perlu takut, karena arus listrik yang dialirkan tidak cukup besar untuk membuat kita terkejut atau merasa sakit.

Untuk kamu yang masih penasaran, langsung simak videonya di youtube sini ya.

Leave a Reply