Sunday, September 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ibu Menyusui Sementara Dilarang Minum Kopi, Ini Alasan Logisnya!

Ibu menyusui apalagi untuk ASI eksklusif selama 6 bulan memang harus menjaga pola makan dengan baik, hal ini karena sangat berpengaruh pada bayi. Apapun yang Anda konsumsi akan berhubungan langsung dengan buah hati, sehingga hati-hati dalam memilih makanan. Karena kalau salah, bisa jadi bayi akan mengalami sakit. Maka dari itu, saat sedang menyusui sementara ibu dilarang konsumsi kopi.

Minuman yang sudah biasa di konsumsi ini memang sebaiknya dihindari terlebih dahulu, padahal saat hamil tidak masalah minum kopi. Namun saat menyusui, ini memberikan dampak negatif bahkan buruk untuk bayi. Hal ini bukan mengikuti mitos, namun penelitian yang menemukan hal kurang bagus tersebut.

Merujuk pada laman Health XChange Singapore, Kellie Kong mengatakan selaku ahli gizi yang bertanggung jawab dalam Departemen Nutrisi dan Diet, bertempat di Rumah Sakit Perempuan dan Anak di Singapura, menemukan jika kandungan kafein yang cukup tinggi memberikan pengaruh pada waktu tidur bayi. Ibu masih boleh konsumsi kopi, namun tidak lebih dua cangkir setiap harinya.

Ini bukan hanya kopi, namun sebaiknya hindari konsumsi teh setiap harinya. Pasalnya teh juga mengandung kafein yang cukup tinggi seperti kopi, sehingga harus dibatasi jumlah konsumsinya. Bahkan disarankan untuk ibu menyusui lebih banyak konsumsi air putih, jus buah dan sayuran hijau. Ini akan memberikan nutrisi penting bagi bayi, selain itu bisa membantu ibu untuk pulih lebih cepat dan kembali seperti semula.

Baca juga : Siklus Haid Setelah Melahirkan Aneh, Jangan Panik Ini Hal Wajar

Sudah jelas, bagi Anda yang tidak terbiasa minum air putih rasanya akan hambar, namun jika sudah terbiasa ini akan terbawa hingga selamanya. Bahkan merasa air putih menjadi sangat nyaman, karena memiliki banyak manfaat. Masih boleh minum kopi dan teh, namun sebaiknya dibatasi maksimal 2 cangkir saja.

Masih ada banyak jenis minuman lain yang lebih sehat dan baik untuk ibu menyusui, ini memang awal yang baik untuk berubah. Dimana Anda ingin hidup sehat dalam jangka panjang untuk menemani buah hati bukan, kenapa tidak mulai hidup sehat dengan meninggalkan makanan dan minuman yang merugikan.

Jadikan momen menjadi seorang ibu titik balik dari segalanya, Anda tentu akan melakukan perubahan besar yang sangat bagus. Bahkan mendapakan dukungan dari semua pihak, pasangan juga bisa melakukan hal serupa, ini semua tentu saja untuk buah hati dan kehidupan yang lebih baik. Jadi ibu menyusui, cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat, bukan hanya hindari kopi namun usahakan untuk punya waktu istirahat cukup agar bisa kembali seperti sebelum hamil dan melahirkan.

2 Comments

Comments are closed.