Wednesday, September 30Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ibu Haringga Protes Vonis Hakim untuk Pembunuh Anaknya

Ibu Haringga Protes Vonis Hakim untuk Pembunuh Anaknya

Orang tua Haringga Sirla menilai keputusan yang diambil oleh Pengadilan Negeri Bandung terhadap dua dari 14 pelaku keroyokan anaknya terlalu ringan. Dua pengeroyok Haringga itu hanya diganjar hukman 3 dan 3,5 tahun penjara.

Ibu Haringga, Mirah, menilai vonis yang diberikan untuk pengeroyok anaknya hingga menyebabkan tewas itu tidak setimpal dengan apa yang sudah mereka perbuat. Terlebih, ujar Mirah, Haringga meninggal dalam keadaan yang cukup mengenaskan.

“Tidak setimpal karena kejadiannya kami tidak dapat lihat, langsung saja kontan meninggal. Meninggal pun juga diinjak-injak, diseret-seret, ditelanjangin, coba deh, sampai pecah kepala. Hidungnya juga patah, badannya pun remuk,” ujar Mirah yang disampaikan kepada Kumparan,  hari Jumat (26/10) lalu.

“Coba siapa ibu mana yang bersedia anaknya digituin, sepertinya bener-bener batin saya tidak terima,” lanjut wanita yang berumur 55 tahun itu.

Keputusan ganjaran 3 tahun penjara, menurut Mirah, bisa diberikan oleh hakim bila Haringga tidak sampai meregang nyawa. Sedangkan, Haringga menghembuskan nafas terakhirnya usai dikeroyok.

“Kecuali anak saya bisa hidup kembali, dibawa ke rumah sakit, patah leher atau apa gitu, masih dapat ditengok, masih bisa hidup lagi,” lanjutnya.

Walaupun ada rasa tidak terima di dalam hatinya, Mirah mengaku dirinya sudah pasrah dengan apapun hukuman yang diberikan kepada pengeroyok anaknya. Mirah tak lagi mengharapkan timpalan yang adil dari hakim.

“Saya terserah Yang Maha Kuasa saja, Allah tidak akan tidur. Semoga saja orang-orang yang menyiksa anak saya ada pembalasannya, biar seperti saya ngerasain kaya apa ditinggal anak,” ujar Mirah.

Haringga adalah salah satu suporter Persija Jakarta yang turut datang menyaksikan pertandingan Persib kontra Persija, yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Minggu (23/9). Dari fakta yang digelar di persidangan, Haringga dikeroyok oleh beberapa oknum Bobotoh ketika hendak masuk ke stadion dari gerbang biru. Pengeroyokan itu pun sampai membuat Haringga mengalami luka yang cukup parah yang menimpa kepalanya. Haringga dihantam oleh benda-benda yang tumpul, seperti kaca, besi, dan kayu.

Dari kejadian itu pun, polisi sudah menetapkan sebanyak 14 orang tersangka, dan 7 di antaranya adalah anak di bawah umur.