Tuesday, September 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ibu Hamil Stres, Kenali Dampak Negatif Untuk Janin Dalam Kandungan

Ibu hamil stres bukan hal baru lagi, pasalnya sedang terjadi lonjakan produksi hormon yang tidak seperti biasanya. Bahkan untuk kehamilan pertama, ada banyak wanita mengalami kebingungan dengan setiap perubahan yang terjadi, apalagi jika berkaitan dengan fisik dan mental. Namun apakah stres pada ibu akan memengaruhi pada janin.

Hal ini harus menjadi pertimbangan tersendiri, jika saat hamil Anda terus menerus mengalami kekhawatiran dan ketakutan maka anak berpengaruh pada tumbuh kembang janin. Maka dari itu, setiap kali pemeriksaan kandungan, Anda sebaiknya mengikuti anjuran dokter agar tidak terlalu banyak pikiran. Pasalnya ada beberapa dampak negatif yang tidak akan Anda inginkan terjadi pada calon buah hati.

5 Dampak Negatif Bagi Janin Jika Ibu Hamil Stres

  1. Terjadi Lonjakan Detak Jantung Secara Mendadak

    Pada pemeriksaan setelah memasuki trimester kedua, Anda dan pasangan bisa merasakan detak jantung buah hati. Memang terasa sangat cepat, namun jika ibu dalam kondisi stres berat maka detak jantung akan semakin cepat. Hal ini karena terjadi hambatan penyaluran nutrisi, dimana bayi membutuhkan nutrisi lebih banyak, maka dari itu ibu yang sedang hamil memang disarankan lebih banyak makan agar janin bisa berkembang dengan baik.

  2. Terdapat Respons Peradangan

    Ini hal yang tidak ingin terjadi pada janin pada semua kehamilan, dimana stres bisa berdampak negatif apalagi saat janin mengalami respons inflamasi, ini akan membuat kondisi dalam fase kritis dan bisa jadi tidak akan berkembang sesuai usianya. Hal ini jika terjadi terus menerus, bisa membuat janin akan mati dalam kandungan.

    Baca juga : Tanda Kehamilan Yang Sering Luput Dari Perhatian Pengantin Baru

  3. Berat Badan Bayi Kurang

    Setiap pemeriksaan kandungan pada satu bulan sekali, selalu dokter akan mengatakan berapa berat badan bayi. Hal ini akan menjadi acuhan kapan waktu kelahiran dan apakah bayi dalam kondisi sehat, jika ibu hamil stres, maka cenderung akan jarang makan dan menyebabkan janin tidak bisa berkembang maksimal. Sehingga berat badan selalu di bawah normal, cara mengatasinya mudah. Hilangkan stres dan makan dengan teratur, ini akan membuat janin bisa berkembang dengan baik dan tidak akan mengalami masalah penyakit apapun.

    Hal ini banyak terjadi pada kehamilan pertama, apalagi jika ibu masih berusia sangat muda. Bisa jadi akan melahirkan secara prematur, bayi yang terlahir sebelum waktunya tentu akan memiliki berat badan yang kurang. Tidak jarang akan meninggal, karena belum memiliki organ tubuh yang lengkap dan tidak bisa berkembang dengan baik.

  4. Perkembangan Otak Tidak Maksimal

    Ini memang tidak bisa diprediksi dengan tepat, dimana ibu hamil stres dapat memicu terganggunya perkembangan otak, sehingga bisa menyebabkan bayi lahir cacat secara mental. Bahkan tidak ada tanda-tanda hingga mulai tumbuh dan kembang bayi, tidak akan sama dengan anak normal lainnya.

    Hal ini yang paling mengganggu dan membuat semua orang tua terpukul, bagaimana tidak jika terlahir dengan normal namun tidak berkembang seperti anak lainnya. Secara fisik memang bagus, namun mentalnya tidak terbentuk, otak tidak berkembang dengan baik dan tidak bisa menanggapi rangsang. Hal ini hanya karena hal sepele, Anda terlalu takut dengan kehamilan dan persalinan.

  5. Risiko Keguguran Tinggi

    Stres memang bisa jadi pemicu yang paling berat dalam kehamilan, dimana bisa terjadi pengaruh besar pada rahim. Kondis dimana haru mengeluarkan corticotrophin relasing hormone (CRH), ini akan terjadi jika aliran darah memicu kontraksi. Dimana bayi akan lahir sebelum waktunya, ini banyak disebut dengan keguguran.

Maka dari itu, dalam fase hamil sebaiknya tidak tertekan oleh banyak hal, biasanya oleh lingkungan dan keluarga. Ibu hamil stres akan membuat kondisi semakin buruk, kurangnya asupan makanan dan menyebabkan kematian pada ibu dan janin. Hal ini tentu tidak ingin terjadi, namun masih tinggi angka kematian ibu pada kehamilan pertama.

Related Post

Apakah Puasa Bisa Membuat Kekurangan Vitamin ? Kondisi tubuh saat berpuasa memang berbeda dari biasanya, Anda memang akan lebih lemah dan kurang bertenaga apalagi jika sudah lewat tengah hari. Maka...
10 Atlet Wanita Terseksi Mereka tidak hanya memukau dengan prestasinya, tapi juga memukau karena kecantikan wajah dan keindahan tubuhnya. Karena itu, jika ada laki-laki yang b...
Tradisi Tidur Di Atas Pasir Oleh Salah Satu Suku D... Manusia normal biasanya tidur dengan beralaskan kasur yang empuk di dalam kamar yang hangat yang bisa membuat tidur kita menjadi nyenyak. Namun tahuka...
Kebiasaan Berbahaya Dapat Pemicu Timbulnya Keriput... Kebiasaan berbahaya yang sering kali dilakukan para wanita seperti frekuensi pemakaian smartphone yang terlalu tinggi, hal ini banyak orang menilai wa...

2 Comments

Comments are closed.