Monday, November 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Hidup Sehat Dari Rumah, Pastikan 6 Benda Ini Tetap Bersih

Hidup sehat memang berawal dari diri sendiri, namun lingkungan yang bersih juga bisa mendukung Anda hidup lebih baik dan tidak mudah sakit. Apalagi jika kini sudah memiliki buah hati, terlebih di usia di bawah satu tahun masih suka bermain di lantai, apakah ini sudah bersih dan terhindar dari kuman dan kotoran yang bisa menjadi penyebab penyakit.

Ternyata ada beberapa bagian rumah yang harus dibersihkan setiap harinya, karena ini menjadi sarannya kuman penyebab penyakit. Selain itu, sangat berbahaya jika didiamkan terlalu lama meskipun tidak pernah Anda gunakan sama sekali. Ada baiknya jika sedang bersih-bersih, tidak luput untuk membersihkan bagian ini.

5 Benda Penyebab Penyakit yang Harus Dihindari Agar Bisa Hidup Sehat

  1. Sikat Gigi

    Ini benda yang Anda gunakan setiap harinya, bahkan banyak disarankan dokter hidup sehat harus rajin menggosok gigi minimal setelah makan dan sebelum tidur. Hal ini untuk mengurangi risiko sakit gigi yang bisa merambat pada penyakit lainnya, Anda merasa sudah cukup membersihkan sikat gigi hanya dengan mengucurkan air dan menghilangkan busa, ternyata ini tidak cukup.

    Da baiknya mencuci dengan menggunakan air panas dan pasta giginya, caranya bersihkan sikat di bagian kuas hingga seluruh badan. Bilas bersih hingga ke seluruh permukaan, sebelum digunakan kembali ada baiknya di bagian sikat direndam dalam obat kumur semalam sebelum digunakan kembali. Jika tidak, pastikan menggantikan sikat gigi maksimal 3 bulan atau saat sudah mulai mekar.

    Baca juga : Tas Berat Berdampak Negatif Jika Digunakan Setiap Harinya

  2. Tempat Tidur

    Hal yang harus sering Anda bersihkan adalah kasur, ini adalah tempat untuk beristirahat. Tentu saja harus nyaman dan empuk, selain itu harus bersih. Pasalnya menjadi gudangnya penyakit, mudah debu, kotoran di wajah dan rambut serta binatang lain, seperti kutu rambut atau kutu busuk yang hidup di sela-sela kasur.

    Jika masih menggunakan kasur dari kapuk, sebaiknya jemur minimal satu minggu sekali. Selain akan mematikan semua binatang, ini juga membuat kasur semakin empuk. Jika menggunakan spring bed, bersihkan permukaan dengan soda kue dan siram dengan air secukupnya. Ini akan menghilangkan kotoran dan binatang. Selain itu jemur, minimal setengah hari. Tidak lupa, ganti sprei minimal 2 kali seminggu.

  3. Sepatu

    Anda yang pergi ke kantor tentu akan menggunakan sepatu setiap harinya, bukan berarti sering dipakai maka bisa terhindar dari kotoran, malahan sebaliknya. Sepatu akan jadi sarang kotoran dan penyakit, bahkan Anda mengalami bau kaki busuk. Ini penyebabnya, sepatu bersih akan membuat hidup sehat.

    Caranya cuci sepatu maksimal 2 minggu sekali, keringkan hingga benar-benar kering. Setelah itu, bungkus dengan plastik agar kedap udara. Ini akan menjaga sepatu tetap harum dan tidak menjadi sarang penyakit, selain itu bisa disemprotkan parfum agar sepatu menjadi lebih wangi dan nyaman digunakan.

  4. Sisir

    Ini benda yang hampir setiap hari digunakan, biasanya berada di dekat cermin. Ternyata sisir menjadi benda yang harus dibersihkan agar bisa tercipta lingkungan bersih dan hidup sehat. Cara membersihkannya mudah, cukup dengan gosok dengan sikat secara menyeluruh hingga kotoran yang biasanya berwarna hitam menghilangkan. Bilas dengan air bersih, maka sudah bisa digunakan seperti biasanya.

    Baca juga : Sains Berhasil Menelusuri Asal Gen Kanker

  5. Ponsel

    Ini hal yang tidak pernah Anda bersihkan sama sekali, bahkan Anda menganggap jika smartphone bersih dan bisa digunakan kapan pun dan dimana pun. Padahal ini jadi tempat paling bagus untuk berkembangnya virus dan kotoran, maka dari itu jangan menggunakan ponsel tanpa alas atau tangan langsung. Selain itu, bersihkan dengan kain microfiber agar tidak menggores permukaan.

Bisa jadi beberapa barang diatas tidak pernah Anda bersihkan seumur hidup, apalagi untuk ponsel. Bagaimana bisa hidup sehat jika Anda tidak membersihkan semua barang secara menyeluruh, apalagi jika ini digunakan untuk anak-anak. Pastikan semua barang bersih, sehingga bisa terhindar dari penyakit dan kotoran.

Related Post

12 Tips Ampuh Berlari di Treadmill Ada banyak manfaat lari di treadmill, dan ini merupakan alternatif yang bagus untuk pelari ketika cuaca tidak mendukung. Ikuti kiat-kiat berikut ini u...
Pernikahan Adat Atau Nasional, Ini Pertimbangan Da... Pernikahan adat memang banyak digunakan di beberapa daerah, namun kini banyak anak muda yang lebih memilih menggunakan pernikahan nasional. Dimana leb...
Tenaga Honorer Berpeluang Besar Jadi Pegawai Neger... Para tenaga kerja honorer di Kementerian dan lembaga Pemerintah diberi perlakuan khusus untuk mendaftar CPNS 2018 yang berupa kesempatan untuk dapat...
Asam Lemak Omega 3 Baik Untuk Perkembangan Otak, I... Asam lemak omega 3 memang paling banyak terdapat pada ikan yang hidup di laut, sehingga jangan heran agar anak tumbuh cerdas lebih banyak berikan maka...

One Comment

Comments are closed.