Wednesday, November 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Hati-Hati Efek Samping Negatif Jarang Tidur

Banyak anak muda punya kebiasaan buruk di malam hari, yaitu tidak bisa tidur atau banyak yang menyebutnya insomnia. Padahal penyakit ini disebabkan oleh diri Anda sendiri dan hanya bisa disembuhkan oleh penderita sendiri, sebenarnya ada dampak negatif jika Anda jarang tidur cukup di malam hari demi untuk menyelesaikan pekerjaan atau hal yang kurang bermanfaat.

Setiap orang dewasa membutuhkan waktu istirahat di malam hari minimal 7 hingga 8 jam tanpa jeda, ini waktu yang cukup untuk membuat tubuh bisa terasa segar dan bersemangat di pagi hari. Namun kini banyak orang memilih mengorbankan waktu tidur untuk melakukan hal yang kurang bermanfaat, efek samping memang tidak akan secara langsung dirasakan namun jangka panjang.

Memang tidak masalah jika tidak tidur satu dua malam saja, namun jika sudah masuk dalam tahap jarang tidur, maka bersiapkan untuk mendapatkan dampak negatif yang sangat merugikan. Pasalnya kesehatan itu tidak ternilai harganya, Anda akan menyesal setelah merasa hal buruk terjadi dan Anda sendiri yang menjadi penyebabnya.

3 Risiko Berat Dengan Kebiasaan Jarang Tidur

  1. Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

    Anda tentu sudah tahu jika penyakit kanker hingga kini tidak ditemukan obatnya, bahkan persentase untuk sembuh terbilang kecil. Sekalipun dinyatakan sembuh, masih bisa kambuh kembali. Banyak orang merasa akan mati saja ketika di diagnosa penyakit kanker, ini merupakan penyakit yang bukan hanya secara genetika namun bisa aktif dalam tubuh setiap orang.

    Anda memiliki sel kanker dalam tubuh, dimana akan aktif saat sistem imun dalam kondisi lemah, sehingga bisa memasukkan segala bakteri dan penyakit. Ini akan membuat sel kanker dalam tubuh menjadi aktif, selain itu kini sudah ditemukan penelitian, bahkan seseorang yang jarang tidur bisa mengalami kanker prostat untuk laki-laki dan kanker payudara untuk perempuan.

    Baca juga : risiko terkena diabetes akibat pencahayaan terlalu terang saat tidur

  2. Tidak Bersemangat Di Pagi Hari

    Bagaimana Anda bisa mendapatkan hari yang menyenangkan, jika saat bangun tidur sudah tidak bersemangat, hal ini karena tubuh tidak beristirahat secara total. Akibatnya emosi menjadi tidak stabil, gampang marah, tidak bisa fokus dan akibatnya mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini memang bisa dimaklumi jika terjadi satu dua kali saja, namun bagaimana jika setiap harinya.

    Bahkan kebiasaan buruk jarang tidur di malam hari bisa membuat mood tidak stabil, mudah tersinggung dan tidak menerima rangsang dengan baik. Bahkan bisa memicu terjadinya depresi, untuk itu sebaiknya paksakan untuk tidur dan jangan terlalu lama menyalakan televisi atau menggunakan gadget dan istirahatkan tubuh secara maksimal.

  3. Pelupa

    Hal ini bukan hanya kaitannya dengan usia, namun juga gaya hidup. Anda yang jarang tidur dan tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, maka regenerasi sel-sel otak akan terhambat, sehingga otak tidak bisa berfungsi dengan baik. Hal ini membuat Anda lupa, pada hal kecil yang sebenarnya baru saja Anda lakukan.

    Bahkan sudah ada penelitian yang menyebutkan, jika tidur yang cukup bisa membantu memaksimalkan kinerja otak, dimana bisa memproses, menyimpan dan mengolah setiap informasi yang masuk dan ada di otak. Bahkan jika tidak tidur dengan sempurna, sirkulasi darah ke otak akan semakin terganggu dan Anda akan mengalami efek pelupa lebih cepat dari usia seharusnya.

Maka dari itu, jangan meremehkan waktu tidur yang cukup. Anda sebaiknya beristirahat minimal 7 hingga 8 hari setiap harinya, bukan hanya untuk membuat lebih segar. Namun membantu kinerja otak dan organ tubuh di bagian dalam berfungsi dengan baik, hilangkan kebiasaan jarang tidur dengan hal yang lebih bermanfaat.

Related Post

Menyusui Bayi Di Tengah Malam, Ternyata Memberikan... Menyusui bayi adalah kegiatan boanding ibu dan anak, maka dari itu penting sekali untuk memberikan asi eksklusif untuk 6 bulan ke depan. Dimana ada ba...
Kominfo Akhirnya Blokir Tik Tok, Apakah Akan Di Bu... Delapan Domain Name System (DNS) Tik Tok akhirnya secara resmi diblokir pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika, aplikasi musik singkat ini meman...
Pangeran Louis Dibaptis Hari Ini, Ada Alasan Manis... Pangeran Loius, anak ketiga pasangan Pangeran William dan Kate Middleton , akhirnya resmi dibaptis pada Senin (09/07/2018) waktu Inggris setempat. Ini...
Belarusia Memperpanjang Bebas Visa Untuk Wisatawan... Belarusia membuka wisatawan luar negeri untuk datang secara gratis, hal ini hanya berlaku untuk turis dari Indonesia. Dimana pada Selasa (24/07/2018),...