Monday, February 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Hari Pertama Sekolah, Cara Mudah Memperkenalkan Bangku Pendidikan

Hari pertama sekolah memang sangat menyenangkan, namun ini bisa berubah mengerikan jika anak harus menangis atau tidak mau masuk ke sekolah. Padahal sudah dipersiapkan semuanya, bahkan sebelumnya sangat bersemangat. Namun ketakutan bisa saja muncul saat melihat sekolah, banyak teman bahkan harus menggunakan seragam yang sama.

Maka dari itu, diharapkan orang tua memberikan pendampingan. Agar anak tidak perlu menangis atau takut, ini akan jadi hari menyenangkan, bahkan akan ada banyak tangisan untuk anak yang baru memulai hari pertama sekolah karena tidak ingin ditinggalkan orang tua. Meninggalkan anak-anak memang bukan hal mudah, apalagi untuk orang tua yang memiliki emosional tinggi.

Tetapi harus melepaskan anak-anak bukan, ini akan terjadi dan buah hati Anda harus berani menghadapinya. Maka dari itu, setiap orang tua sebaiknya memberikan dukungan, apalagi jika ini hari pertama untuk memasuki sekolah dasar atau sekolah taman kanak-kanak. Ada baiknya anak-anak tidak lagi didampingi orang tua terus, ini akan melatih kemandiriannya.

5 Cara Mudah Membuat Hari Pertama Sekolah Menyenangkan

  1. Memperkenalkan Guru dan Teman Baru Pada Anak

    Ada baiknya tidak melepaskan begitu saja anak untuk masuk sekolah pertama kalinya, takut ini tentu hal yang tidak diragukan lagi. Sehingga cenderung akan menangis bahkan memegang erat pakaian orang tua atau bahkan tidak mau turun dari gendongan, ini hal normal dan dialami banyak anak-anak lainnya, namun ada cara mudah mengatasinya.

    Kenapa tidak memperkenalkan gurunya terlebih dahulu, berikan pemahaman jika orang tua di sekolah adalah ibu / bapak guru, maka harus memberikan hormatnya. Bukan hanya guru, namun juga teman-teman, usahakan anak untuk mau berkenalan dengan teman satu kelasnya. Ini akan membuat mereka lebih nyaman dan tidak merasa di tempat asing sendirian.

  2. Bawakan Barang Kesukaannya

    Ini akan jadi jimat dan teman sementara, sebelum berkenalan dengan teman barunya. Biasanya anak perempuan akan membawa boneka dan anak laki-laki akan membawa mainan, namun berikan pemahaman jika tidak bisa membawa semuanya, karena datang ke sekolah untuk belajar bukan bermain. Sekalipun baru duduk di bangku sekolah taman kanak-kanak, sehingga jangan terlalu memanjakan anak.

    Baca juga : Biarkan Anak Menangis Kenali Kebaikannya

  3. Berpamitan Pada Anak

    Jangan membuat anak menangis karena ditinggalkan begitu saja, ada baiknya memberikan pengertian jika ayah dan ibu harus pulang untuk bekerja dan mengurus rumah. Nanti setelah jam pulang, maka akan dijemput kembali dan pulang ke rumah. Ini akan lebih baik, bahkan jika bisa buat anak-anak melambaikan tangan tanda selamat jalan.

  4. Cobalah Berkenalan Dengan Teman-Temannya

    Selain memperkenalkan pada teman teman barunya, ada baiknya juga memperkenalkan diri pada teman-temannya. Ini akan memberikan kenyamanan tersendiri, bahkan jika bisa berkenalan dengan orang tua dari teman-teman anak Anda. Sehingga bisa saling menjaga satu sama lain, memulai hubungan baik adalah solusi terbaik.

  5. Segera Pergi Setelah Berpamitan Dengan Anak

    Banyak orang tua sudah berpamitan namun masih berdiri di luar kelas, ini membuat anak akan terus menerus menoleh ke jendela atau pergi ke luar kelas untuk mencari ayah dan ibunya. Hari pertama sekolah memang sangat menguras emosi, namun ini jadi momen dimana anak-anak sudah bertumbuh besar dan harus diterapkan untuk mandiri.

Jadi, bukan lagi masalah untuk menghadapi hari pertama sekolah. Ini akan sangat menyenangkan, buat si kecil bersemangat. Mulai dengan bangun pagi, sarapan hingga antarkan bersama untuk memulai hari baru di sekolah. Ini sangat penting, momen yang tidak akan terlupakan selama menjadi orang tua, bahkan nantinya akan sangat Anda nantikan.

Related Post

Ibu Haringga Protes Vonis Hakim untuk Pembunuh Ana... Orang tua Haringga Sirla menilai keputusan yang diambil oleh Pengadilan Negeri Bandung terhadap dua dari 14 pelaku keroyokan anaknya terlalu ringan....
Kebiasaan Yang Harus Dihilangkan Jika Tidak Mau Di... Menjalani hidup di usia 20-an memang tidak kolot-kolot banget sebenarnya. Meski memang harus lebih berhati-hati dalam bersikap karena semua hal agak...
Larangan Makanan Untuk Meghan Markle Dari Ratu Eli... Larangan makanan untuk keluarga Kerajaan Inggris memang ada, bahkan ini sudah menjadi peraturan sejak zaman dahulu. Namun kali ini, Ratu Elizabeth II ...
Supir “Fake Taxi” Indonesia Berakhir D... Taxi menjadi salah-satu alat transportasi yang nyaman dan aman bagi penumpang di Indonesia. Bukannya mengantarkan penumpangnya sampai ke tujuan deng...