Monday, April 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Harga Ripple Merosot Tajam

Gelombang curam sepertinya sedang melanda mata uang dunia maya Ripple (crypto currency) dari awal pekan ini sampai sekarang. Hal ini dinilai adalah permasalahan pokok dimana pergerakan harga pasar pusat dari masa uang digital CoinMarketCap.

Pada pekan lalu Ripple menjadi mata uang yang sangat menjanjikan karena menyentuh angka kisaran Rp52.000,- perkoinnya yang naik drastis0 terlebih mata uang Ripple menjadi koin paling diminati kedua didunia setelah raksasa Bitcoin.

Sejak Rabu pekan lalu mata uang XRP ini sudah mengalami penurunan hingga 55 persen dari nilai tertingginya, harga Ripple pada pasar dunia untuk sekarang berada dikisaran 1.70 dollar AS atau jika di Rupiahkan kisaran Rp 22.865,-

Investor memiliki pandangan jika aksi jual Ripple ini disebabkan oleh CoinMarketCap untuk tidak memberikan data dari pertukaran mata uang digital di korea selatan dan ini memberikan pengaruh kuat pada pasar Ripple setelahnya dan membuat harga coin XRP terus merosot.

“Kesimpulan CoinMarketCap untuk tidak memberikan harga yang ditampilkan XRP, ketidak transparansi membuat harga turun dan terjadi namanya panik sell atau penjualan panik dari publik” ujar pawang dari XRP David Schwartz seperti yang dikutip oleh media Inggris Express.

Investasi market Ripple mengalami penurunan yang signifikan yang terlihat dari data yang diberikan berkurang hingga 70 milliar dollar AS sejak pekan lalu hingga Rabu kemarin waktu Inggris.

Menurut pengamat aset digital Marius Rupsys “Mata uang Ripple menjadi koin yang paling diburu orang sejak pekan lalu, dan membuat harga mengalami pelonjakan yang cukup tinggi dan kemudia turun dalam waktu yang cukup lama”

Penuruan nilai jual ini membuat XRP turun 1 peringkat menjadi posisi ketiga dan disalip oleh Ethereum dengan market cap 119,318,339,249 AS, sedangkan Ripple hanya memiliki market Cap 67,950,006,056 AS.

Kemungkinan untuk stabil kembali XRP masih belum bisa dipastikan, terkecuali CoinMarketCap memberikan kebijakan baru untuk korea selatan yang merupakan salah satu pasar koin digital terbesar didunia.