Tuesday, November 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Hal yang Boleh Dilakukan dan Tidak Boleh Dilakukan di Pagi Hari

Pagi hari adalah masa awal dari suatu hari yang akan kita lalui. Kita mesti memulai pagi hari dengan semangat baru dan mengikuti jadwal yang telah disusun sebelumnya agar dapat melakukan kegiatan yang produktif. Berikut ini adalah beberapa hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di pagi hari.

  1. Bangun Tidur Lebih Awal

    Bangun tidur lebih awal di pagi hari memberikan lebih banyak waktu bagi anda. Anda bisa merencanakan aktivitas yang akan dilakukan sepanjang hari dan memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakan aktivitas di pagi hari. Cara termudah untuk bangun tidur lebih awal di pagi hari adalah dengan tidur 15 menit lebih awal di malam hari dan secara bertahap meningkat menjadi 30 menit atau sejam lebih awal. Anda akan terbiasa tidur lebih awal pada akhirnya.

  2. Menyikat Lidah

    Menyikat lidah anda sama pentingnya dengan menyikat gigi. Bakteri di mulut anda cenderung menumpuk di bagian lidah setelah semalaman. Akibatnya adalah napas anda berbau busuk di pagi hari. Hanya menyikat gigi saja tidaklah cukup, menyikat lidah sama pentingnya untuk menyingkirkan bau mulut. Anda tidak ingin dipanggil dengan sebutan “mulut bau”, bukan ? Menggunakan pembersih lidah adalah pilihan termudah.

  3. Olahraga

    Berolahraga di pagi hari membantu menyingkirkan rasa malas dan memberikan dorongan semangat untuk memulai hari anda. Persiapkan tas olahraga anda di malam sebelumnya jika anda membutuhkan motivasi ekstra untuk berolahraga. Lakukan olahraga bersama dengan teman anda atau ikuti kegiatan yang menyenangkan seperti menari atau berdansa.

  4. Menu Sarapan yang Sehat

    Seseorang harus makan menu sarapan yang sehat untuk mengisi kembali tubuh dengan semua nutrisi yang telah habis digunakan di saat tidur. Sarapan dalam jumlah yang tepat juga penting karena seseorang harus memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari secara efisien. Merencanakan menu sarapan anda pada malam sebelumnya memastikan anda makan sehat di pagi hari. Persiapkan semua bahan yang diperlukan pada malam sebelumnya. Jika anda terlambat maka anda bisa membawa sarapan pagi untuk dimakan di dalam perjalanan.

  5. Berhubungan Seks di Pagi Hari

    Meskipun anda mungkin terburu-buru untuk bersiap-siap dan berangkat kerja, berhubungan seks di pagi hari dapat membuat anda merasa segar, sehat, dan bersemangat sepanjang hari.

  6. Jangan Matikan Alarm setelah Berdering

    Anda cenderung ingin melanjutkan tidur yang tidak akan terasa nyenyak setelah mematikan alarm yang berdering. Akibatnya anda akan menjadi kesal sepanjang hari. Jauhkan alarm anda dari tempat tidur sehingga anda benar-benar harus bangun dari tempat tidur untuk mematikannya.

  7. Jangan Segera Mengecek Ponsel (HP)

    Jauhi ponsel (HP) atau peralatan elektronik milik anda yang lain setelah terbangun dari tidur di pagi hari. Peralatan-peralatan elektronik tersebut bukan hanya membuang waktu saja di pagi hari tapi juga menurunkan produktivitas anda. Simpan ponsel (HP) anda di suatu tempat sebelum anda tidur untuk menghindari menggunakannya di pagi hari. Jangan tidur dengan ponsel (HP) berada di dekat kepala anda.

  8. Hindari Minum Teh atau Kopi di Pagi Hari

    Tingkat kafein yang tinggi pada teh dan kopi memiliki banyak efek samping. Anda lebih baik meminum minuman lain yang lebih sehat seperti jus buah-buahan dan lain-lain.

  9. Hindari Marah di Pagi Hari

    Rasa marah tidak hanya merusak suasana hati (mood) anda tapi juga membuat anda menjadi seorang pemarah. Anda juga cenderung merusak suasana hati orang lain yang berada di sekitar anda. Rasa marah akan mengacaukan hari anda. Jika anda bertengkar di rumah, ambil beberapa tarikan napas dalam-dalam dan tenangkan diri anda. Putar daftar lagu ‘happy songs’ di alat pemutar musik seperti tablet atau ponsel (HP) agar segera meringankan suasana hati (mood) anda.