Monday, May 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Gerhana Bulan Total Diprediksi Akan Terjadi Pada 28 Juli 2018

Gerhana bulan total diperkirakan terjadi pada 28 Juli 2018, inilah penuturan resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Uniknya gerhana bulan yang akan terjadi secara total ini berlangsung paling lama dalam 100 tahun terakhir, karena akan terjadi hingga 103 menit. Bahkan dipastikan seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan gerhana bulan secara langsung.

Jika melihat dari data BMKG, sudah terjadi 5 kali gerhana di tahun 2018, dimana pertama kali pada 31 Januari 2018 yang merupakan gerhana bulan total, kejadian ini bisa disaksikan di semua tempat di Indonesia. Kembali terjadi gerhana bulan, namun hanya sebagian saja pada 15 februari 2018 lalu, namun tidak bisa terlihat di Indonesia, kembali terjadi Gerhana bulan sebagian yang tidak bisa diamati pada 13 Juli 2018.

Setelah itu kembali ada gerhana bulan total pada 28 Juli 2018 dan bisa dilihat, namun gerhana bulan sebagian pada 11 Agustus 2018 lalu, tidak bisa diamati di Indonesia. Ini tentu sebuah peristiwa yang terbilang langka dan Indonesia bisa mengamati langsung beberapa diantaranya, bahkan semuanya gerhana bola dengan proses seluruhnya.

Fenomena alam yang terjadi karena bumi, bulan dan matahari berada di dalam satu garis sama, dimana bumi akan menutupi bulan sehingga terlihat bulan lebih gelap dari biasanya. Fenomena yang akan terjadi pada 28 Juli 2018 esok akan jadi sebuah keunikan, dimana umbra akan berada di tengah bayangan gelap.

Baca juga : Asteroid Melintas Sangat Dekat Dengan Bumi Tanpa Terdeteksi, Bahayakah ?

Ada tiga hal yang menyebabkan terjadinya gerhana bulan secara total pada 28 Juli 2018 mendatang, hal ini karena pusat piringan bulan akan berada terlalu dekat dengan pusat umbra bumi. Selain itu, bulan akan berada di titik terjauh bumi mencapai 405.953 km, sehingga nantinya gerhana akan terjadi lebih panjang dari sebelumnya. Selain itu, bumi akan berada di titip terjauh dengan bumi, hingga mencapai 151,18 juta km.

Ingin menjadi pengamat gerhana bulan total secara keseluruhan, harus tahu kapan dimulai peristiwa tersebut. Ini akan mulai terjadi pada pukul 00.13 WIB, dimana nantinya akan mulai terjadi gerhana dan akan gelap gulita terlebih dahulu. Mulai muncul gerhana sebagian pada pukul 01.24 WIB, baru gerhana total pada 03.21 WIB.

Setelah itu akan mulai berakhir dengan gerhana total pada 04.13 WIB, setelah itu gerhana bulan sebagian pada 05.19 WIB, setelah itu gerhana akan berakhir secara keseluruhan pada 06.30 WIB. Ini gerhana pertama yang terjadi pada tengah malam hingga pagi hari, bahkan akan terlihat sebelum pukul 5 pagi.

Fenomena gerhana bulan total bisa mulai disaksikan pada pukul 03.21 WIB dan akan berakhir pada 04.13 WIB, tidak terlalu pagi untuk bangun lebih dahulu dan melihat fenomena langka tersebut. Karena BMKG sudah memastikan, jika ini akan jadi gerhana bulan terpanjang dalam satu abad terakhir.

2 Comments

Comments are closed.