Thursday, September 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Gempa dan Tsunami Terjang Donggala Dan Palu Dari Siang Hingga Malam Hari

Gempa dan Tsunami Terjang Donggala Dan Palu Dari Siang Hingga Malam Hari

Indonesia kembali berduka, kali ini datangnya dari Donggala dan Palu yang pada hari jumat petang kemarin dilanda gempa dan tsunami yang meluluh lantahkan kota mereka. Gempa bumi pertama terjadi pada pukul 17.02 dengan kekuatan 7,7 SR dan akhirnya setelah peringatan dini dicabut oleh BMKG justru tsunami dengan ketinggian 1,5 meter menerjang pesisir pantai Talise di kota Palu. Tsunami ini terjadi pada pukul 17.32 atau sekitar setengah jam setelah gempa bumi yang melanda Donggala, Sulawesi Tengah.

Pada pukul 20.35 BMKG memberikan informasi terkait gempa susulan yang melanda Donggala. Lokasi gempa bumi di Donggala terpantau pada 68 km barat laut Donggala dengan kedalaman 10 km. Gempa ini memiliki kekuatan mencapai 5,8 SR. Namun BMKG menginformasikan bahwa gempa susulan ini tidak berpotensi Tsunami. Namun sampai saat ini keadaan Kota Palu dan Donggala setelah diterjang Gempa Bumi dan Tsunami telah berangsur normal dan aman meskipun tentunya masih banyak korban yang membutuhkan bantuan dari pemerintah.

Akibat gempa dan tsunami ini untuk sementara Kota Palu dan Donggala mengalami pedaman listrik juga kesulitan mendapatkan sinyal seluler untuk berkomunikasi. Sekarang pemerintah beserta para lembaga bantuan lainnya sedang dalam proses membantu para korban gempa dan tsunami. Namun begitu banyak pula korban yang berjatuhan karena diterjang tsunami setinggi 1,5 meter di pantai Talise, Sulawesi Tengah.

Namun kronologis terjadinya gempa ini akhirnya dijelaskan oleh BMKG dengan rincian sebagai berikut, gempa pertama terjadi pada pukul 14.00 dengan kekuatan 5,9 SR dengan lokasi 8 km barat laut Donggala. Setelah itu terjadi gempa kedua pada pukul 14.28 dengan lokasi 10 km timur laut Donggala dan diikuti kemudian oleh gempa ketiga dengan kekuatan 15.25 berlokasi di 11 km timur laut Donggala dan selanjutnya diikuti dengan gempa terbesarnya pada pukul 17.02 dengan kekuatan 7,4 SR di lokasi 25 km timur laut Donggala.

Dan selanjutnya terjadi sekitar kurang lebih sembilan gempa susulan dari pukul 17.14 sampai pukul 21.26 dengan kekuatan di antara 5 sampai 6 SR dengan lokasi yang tidak jauh berbeda. Semoga para korban bisa cepat mendapat bantuan dan pemerintah bisa memberikan bantuan yang tepat dan efektif untuk para korban gempa dan tsunami.