Sunday, December 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Gejala Umum Penyakit Mononucleosis atau “Penyakit Berciuman”

Penyakit Mononucleosis yang biasa dikenal sebagai penyakit berciuman adalah infeksi menular yang menyebar melalui air liur atau berciuman. Penyakit ini disebabkan oleh virus Epstein-Barr yang dapat diobati sendiri. Namun, anda perlu tahu gejala-gejala dari penyakit ini agar dapat mengobatinya. Berikut ini adalah gejala-gejala umum dari penyakit mononucleosis atau “penyakit berciuman”.

  1. Demam Tinggi


    Jika anda mengalami demam tinggi dengan suhu 38°C sampai 40°C, hal ini mengindikasikan terjadinya infeksi. Apabila demam yang terjadi disertai dengan panas dingin dan menggigil, ini pertanda bahwa anda harus berkonsultasi dengan dokter.

  2. Sakit Tenggorokan

    Gejala umum yang lain dari penyakit mononucleosis adalah menderita sakit tenggorokan. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening, terutama di daerah leher.

  3. Sakit Kepala


    Anda juga dapat mengalami sakit kepala karena demam tinggi. Dalam beberapa kasus, anda mungkin mengalami rasa nyeri di sekujur tubuh disertai sakit kepala karena ini adalah infeksi yang disebabkan oleh virus.

  4. Rasa Lelah

    Kebanyakan orang tidak memiliki nafsu makan ketika mengalami demam dan sakit kepala. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya rasa lelah atau capek dalam sehari atau dua hari. Jika anda mengalami rasa lelah atau capek yang berlebihan, sebaiknya segera mengunjungi dokter.

  5. Nyeri Perut

    Anda mungkin mengalami rasa nyeri di bagian kiri atas perut. Hal ini disebabkan pembesaran kelenjar limpa setelah terjadinya infeksi. Jangan mengabaikan hal ini dan kunjungi dokter untuk berkonsultasi agar diobati.