Wednesday, April 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Gara-gara Erupsi Gunung Berapi, Warga Di Negara Ini Langsung Pindah Agama

Gara-gara Erupsi Gunung Berapi, Warga Di Negara Ini Langsung Pindah Agama

Sebuah puisi berjudul Völuspá yang ditulis pada abad pertengahan menceritakan dongeng kehancuran dewa-dewa pagan Nordik sebelum akhirnya berganti dengan Tuhan yang baru. Dan belakangan, para peneliti mengetahui bahwa dongeng tersebut bukan cuma dongeng fiksi biasa, melainkan benar-benar menceritakan bagaimana penduduk Islandia akhirnya meninggalkan dewa-dewa mereka dan memeluk agama Kristen.

Informasi yang didapatkan dari hasil ekstraksi inti es di Greenland untuk pertama kalinya berhasil menunjukkan kapan terjadi erupsi gunung berapi terbesar di Greenland dalam dua abad terakhir. Menurut penelitian, erupsi gunung berapi Eldgja terjadi pada tahun 939 hingga 940. Erupsi tersebut merendam Islandia ke dalam 20 kilometer kubik lava hanya beberapa dekade setelah bangsa Viking dan Celtic pindah ke sana.

Erupsi ini juga terjadi sekitar 20 tahun sebelum Voluspa ditulis. Erupsi gunung Eldgja pada abad kesepuluh itu dikenal sebagai banjir lava, jenis erupsi yang jarang terjadi di dunia: lava mengalir dan menutupi permukaan disertai kabut gas sulfur.

Jenis erupsi seperti ini banyak terjadi di Islandia dan terakhir kali terjadi pada tahun 2015. Dampaknya, erupsi ini mempengaruhi kualitas udara Islandia hingga Irlandia. “Yang paling mengejutkan adalah cara penulisan Voluspa, gayanya seolah-olah ditulis oleh saksi mata. Puisi ini dianggap sebagai ramalan kehancuran dewa-dewa pagan dan digantikan dengan Tuhan yang Esa, dan menunjukkan ingatan mengenai betapa mengerikannya saat terjadi erupsi dan akhirnya mempermudah Kristenisasi di Islandia,” kata ahli vulkonologi Clive Oppenheimer dilansir Science Alert.

Dalam sajak Voluspa, volva (seorang penyihir/penyair) mengisahkan peristiwa tentang Odin mengenai masa lalu dan masa depan, termasuk kematian Odin sendiri. Dia menceritakan tentang kelahiran Odin dari ayahnya, Borr dan ibunya, Bestla, dan bagaimana Odin dan kedua saudaranya menciptakan Midgard dari lautan. Dia menjelaskan lebih jauh tentang penciptaan manusia pertama: Ask dan Embla.

Diantara banyak kejadian, volva menyebutkan keterlibatan Odin dalam Perang Æsir-Vanir, pengorbanan mata Odin di Sumur Mimir, kematian anak Odin yang bernama Baldr. Dia menceritakan bagaimana Odin tewas dibunuh Fenrir dalam Ragnarok, dan pembalasan dari anaknya yang bernama Vidarr, dan bagaimana dunia hangus menjadi api dan muncul lagi dari lautan.

RelatedPost