Sunday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Gajian Cuma Numpang Lewat? Begini Cara Mensiasatinya!

Gajian Cuma Numpang Lewat? Begini Cara Mensiasatinya!

Awal bulan adalah waktu yang sudah dinantikan setiap pegawai dan karyawan, karena akan menerima gaji bulanan. Hal yang sudah dinantikan setelah bekerja sebulan penuh, bahkan dengan tambahan bonus karena prestasi bekerja sebulan lalu.

Namun tidak sedikit karyawan yang mengeluh jika tidak bisa mendapatkan gaji dengan penuh, pasalnya sudah mendapatkan potongan utang hingga tanggungan wajib lainnya. Anda tentu tidak akan bersemangat menyambut hari selanjutnya, karena merasa kerja tidak bisa menghasilkan apapun.

Tidak sedikit kini pegawai yang merasakan gaji sekadar numpang lewat saja, hal ini memang karena kecerobohan sendiri. Bahkan sering kali berpola hidup borjuis tanpa melihat berapa pendapatan bulanan Anda, tetapi ada cara untuk mensiasati agar tetap bisa menikmati setiap gaji yang harusnya masuk kantung seutuhnya.

5 Trik Menahan Gaji Tetap Dikantung dan Bukan Sekadar Numpang Lewat

1. Perencanaan

Ini hal utama yang sering kali diabaikan, memang kita harus membuat perencanaan terlebih dahulu dari pada tindakan. Aksi memang lebih bagus dari pada sekadar omongan, tetapi aksi akan lebih maksimal jika sudah membuat perencanaan sebelumnya.

Anda harus memikirkan terlebih dahulu, apa kewajiban yang harus diselesaikan. Misalkan pembayaran utang, tanggungan setiap bulan seperti pembayaran pemakaian listrik air dan telepon bahkan penggunaan internet.

Perencanaan ini juga harus meliputi rencana masa depan, sekaligus dana cadangan di akhir bulan agar tidak mengalami perubahan hidup terlalu banyak. Ada baiknya Anda juga harus menabung di awal bulan, jangan hanya menyisakan uang untuk tabungan di akhir bulan, padahal ini penolong saat Anda mengalami kesulitan.

2. Buat Dana Investasi dan Tabungan

Anda tidak selamanya ada di posisi sekarang, ada waktunya untuk pensiun dan menikmati masa tua. Bahkan pendapatan sekarang tidak akan bertahan 30 tahun mendatang, Anda akan mengalami pertambahan usia dimana tidak lagi memiliki kekuatan seperti saat muda.

Artikel Terkait: Pekerjaan Kekinian dengan Gaji Fantastis

Maka dari itu, paling tidak sisihkan 10 hingga 30 persen pendapatan untuk tabungan bahkan jika bisa investasi masa depan, seperti deposito atau dana pensiun tambahan. Pasalnya di masa mendatang semua harga yang mengalami peningkatan, dana pensiun biasanya tidak akan mencukupi untuk menutupi semua itu.

3. Hidup Sehat dan Lakukan Penghematan

Kesehatan adalah investasi jangka panjang, maka dari itu mulailah untuk bergaya hidup sehat. Misalkan sempatkan waktu untuk olahraga, pilih menu makanan sehat dan hindari keluar di malam hari dengan teman-teman, apalagi setelah memasuki usia di atas 30 tahun.

Kenapa tidak mudah memasak makanan sendiri, Anda sendiri yang tahu selera makanan. Kenapa harus memasak sendiri, Anda sudah tahu jika itu adalah makanan sehat, selain itu lebih hemat dan bisa menjadi pengisi waktu luang bermanfaat, apalagi untuk para wanita.

4. Buat hobi Jadi Pendapatan Tambahan

Kenapa tidak mendapatkan uang lebih dari apa yang Anda sukai, misalkan memiliki hobi fotografi bisa jadi fotografer freelance. Sekadar mengisi waktu luang yang bermanfaat, ini bahkan bisa mengembangkan passion sekaligus memberikan kesenangan tersendiri.

Ada baiknya di masa muda tidak dihabiskan untuk bekerja dan di rumah, lihat dunia luar yang lebih menyenangkan dan bisa memberikan pengalaman baru. Ini semua tentu saja memberikan Anda pemahaman lain, bisa jadi membuka bisnis dari passion yang terpendam selama ini.

5. Simpan Uang Koin

Banyak orang meremehkan kekuatan uang koin, ini memang sisa pembayaran terkecil, jangan dibuang karena di akhir bulan akan membantu. Ada baiknya simpan dalam dompet kecil khusus, jika memang tidak ingin digunakan. Kumpulkan hingga dalam jumlah banyak, saat Anda membutuhkan uang maka lihatlah dan pasti akan terkejut dengan kekuatan uang recehan dalam jumlah banyak yang dilupakan sebelumnya.

Bukan hal sulit untuk mengelola gaji sendiri, tidak perlu bantuan orang lain. Anda yang harus mengendalikan diri sendiri, bahkan tekankan setiap belanja. Beli apa yang dibutuhkan, bukan apa yang diinginkan, sehingga tetap memiliki uang dalam jumlah cukup di akhir bulan bahkan memiliki sisa uang di tabungan.