Tuesday, September 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Freelancer Tetap Bisa Ajukan KPR, Ikuti Caranya ?

Freelancer Tetap Bisa Ajukan KPR, Ikuti Caranya ?

Banyak orang kini memilih bekerja secara freelance, karena dirasa lebih efektif dan bisa memiliki pendapatan lebih banyak. Namun sangat sulit untuk mendapatkan kepercayaan pinjaman dari bank, mengingat jumlah pendapatan yang selalu tidak tetap.

Apalagi memasuki usia 30 tahun, Anda tentu berharap sudah bisa memiliki rumah impian. Terlebih jika sudah memiliki keinginan untuk berkeluarga, program Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) memang jadi solusi tepat. Dimana Down Payment (DP) cukup terjangkau dengan jangka angsuran yang cukup panjang.

Namun bagaimana caranya freelancer (pekerja freelance) bisa mengajukan KPR dan berhasil mendapatkan rumah impian. Anda ingin mendapatkan satu hunian yang akan jadi istana selamanya, ikut beberapa tips berikut ini.

3 Tips Mudah Pengajuan KPR Untuk Freelancer

1. Pilih Angsuran yang Mudah Di Jangkau

Anda tentu bisa memperkirakan berapa pemasukan setiap bulannya, tidak mungkin ini untuk membayar cicilan KPR semuanya. Anda butuh makan, hidup dan bersosialiasasi dengan teman, maka dari itu pilih angsuran yang mudah di jangkau.

Secara normal, dalam perhitungan perbankan, seseorang yang mengajukan kredit kemampuan membayar adalah 30 persen maksimal 40 persen dari total penghasilan tetap. Ini harus Anda sesuaikan terlebih dahulu, jangan hitung saat income tertinggi.

Baca juga: Seiring Kemajuan Teknologi, 3 Profesi Ini Terancam Digantikan Oleh Robot

Sudah menemukan jumlah angsuran yang tepat, Anda harus membuat uang jaga-jaga. Hal ini karena freelancer bisa sepi job atau tanpa pemasukan dalam sebulan. Maka dari itu, buat simpanan minimal 3 hingga 4 kali jumlah angsuran KPR setiap bulannya. Lebih bagus lagi, jika Anda membuat akun bank terpisah untuk pembayaran KPR, sehingga tidak tercampur dengan kebutuhan lainnya.

2. Sesuaikan Harga Rumah Dengan Kemampuan

Semua orang ingin punya rumah besar, dengan halaman luas dan mempunyai banyak ruangan. Ingat, harga tanah di perkotaan meningkatkan 10 kali lebih cepat dari pedesaan. Maka dari itu, jika ingin mengambil KPR rumah sesuaikan dengan kemampuan jangan keinginan.

Cari harga rumah yang menawarkan cicilan KPR yang bisa Anda bayarkan setiap bulannya, memang ini akan sulit ditemukan di tengah kota. Maka jika ingin rumah lebih besar dengan adanya halaman, pilih rumah di pinggiran kota, namun masih punya akses transportasi umum dengan baik.

3. Siapkan Uang Muka Cukup Besar

Semua orang lebih suka mengeluarkan uang muka kecil, padahal ini membuat cicilan semakin besar. Anda memang memilih KPR dengan jangka waktu sangat panjang, misalkan 10 hingga 20 tahun, namun ini bukan solusi tepat.

Ada baiknya memilih uang muka yang cukup besar, ini memang memberatkan namun akan meringankan di masa depan. Anda tentu tidak mungkin bekerja keras di waktu tua bukan, untuk itu siapkan uang muka lebih banyak agar cicilan semakin kecil. Bahkan bisa menutup pinjaman sebelum batas waktu yang di tentukan.

Nah, ini merupakan solusi tepat bagi freelancer untuk memulai KPR rumah idaman, jangan sampai salah pilih karena Anda akan menyesal di masa depan. Pasalnya KPR akan memakan waktu jangka panjang, dimana di masa tua Anda sebaiknya tidak menanggung beban lebih besar.

Related Post

Menu Pendamping Ketupat Di Hari Raya Lebaran sebentar lagi, Anda tentu sudah memikirkan apa yang akan menjadi santapan di Hari Raya. Apalagi nantinya keluarga besar akan berkumpul, sudah ...
Siklus Haid Setelah Melahirkan Aneh, Jangan Panik ... Siklus haid memang biasanya terjadi 25 hingga 35 hari, hal ini akan berulang kembali, namun bisa maju atau mundur dengan batas maksimal 10 hari. Namun...
Hoaks Gempa Lombok Kembali Tersebar, Masyarakat Di... Hoaks gempa Lombok memang semakin banyak, memang benar terjadi gempa dengan kekuatan 7SR yang berpusat ada Lombok. Dimana hal tersebut membuat kepanik...
Polisi Indonesia menyanyikan Lagu Andy Lau di soro... Sangat membanggakan Salah seorang Polisi Indonesia yang bernama Ucok Hans Simangungsong di soroti media Hongkong lantaran lancar menyanyikan lagu An...