Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Fitur Baru Whatsapp Yang Sudah Lama Para Pengguna Tunggu

Fitur Baru Whatsapp Yang Sudah Lama Para Pengguna Tunggu

Sebagai salah satu aplikasi jejaring sosial yang terbesar. WhatsApp pun harus selalu memberikan inovasi baru terhadap fitur-fitur yang terdapat pada aplikasinya demi menyaingi pasar. Pada pembaruan yang akan tiba nanti, WhatsApp akan memberikan fitur-fitur baru yang dapat digunakan oleh seluruh pengguna.

  1. Fitur Dark Mode

Sama seperti di aplikasi-aplikasi lain, Youtube dan sebagainya, kali ini WhatsApp akan menyematkan fitur Dark Mode atau fitur gelap.

  1. Proteksi Terhadap Foto Profil

Menjadi simbol untuk bisa menunjukkan kepemilikan suatu profil. WhatsApp akan coba membuat proteksi akan foto profil sehingga pengguna lain tidak akan bisa mengunduh foto profil. Dan juga tidak bisa menggunakan screen capture untuk mengambil foto profil.

  1. QR Code

Tidak hanya untuk masuk ke dalam WhatsApp versi desktop, QR Code juga akan membantu pengguna untuk menambahkan orang lain ke dalam kontak mereka.

  1. Memasukkan Memoji ke Dalam Stiker

Kabar bahagia tentunya untuk pengguna iOS, WhatsApp kabarnya akan dapat memasukkan memoji ke dalam fitur stikernya.

  1. Keamanan Aplikasi Pakai Sidik Jari

WhatsApp kabarnya akan menambahkan metode keamanan dengan menggunakan sidik jari atau Fingerprint Lock. Hal ini pun akan membuat aplikasi menjadi lebih aman dari sebelumnya.

  1. Video Format Boomerang

Sama seperti story dari Facebook ataupun Instagram, fitur status di WhatsApp nantinya akan dapat menggunakan metode boomerang. Pengguna dapat mengaksesnya dalam panel pengambilan gambar/kamera di WhatsApp.

  1. Fitur Anti Hoax

Sebuah fitur baru WhatsApp, yang kini ditujukan untuk menangkal hoax, terindikasi mulai disebar. Tetapi baru para pengguna WhatsApp di India saja yang kebagian. Selain baru ada di India, fitur baru WhatsApp ini pun juga disebutkan belum tersebar merata di Negeri Gangga. Walaupun media lokal Indianexpress.com sudah berhasil mendapatkan penampakannya.

Pada fitur baru tersebut, terkait dengan misinya menangkal hoax dan misinformasi, pengguna WhatsApp akan mendapat notifikasi adanya sebuah pesan berantai alias kelewat sering jadi pesan terusan/forward message.

“Jadi jika pengguna itu berusaha mem-forward message yang sebelumnya sudah diteruskan beberapa kali. Maka WhatsApp bakal memberi notifikasi ke pengguna bahwa pesan itu akan ditandai dengan ‘sudah diteruskan berulang kali’,” tulis artikel tersebut.

Sebelumnya, WhatsApp juga sudah menguji pemberian label “frequently forwarded” untuk chat yang terindikasi sebagai pesan berantai. Tetapi penampakan fitur anyar di India ini memang tampak berbeda, di antaranya lewat kehadiran ikon panah ganda.