Thursday, September 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Fenomena Sinkhole muncul di Sukabumi, Pertanda Apakah Ini?

Fenomena Sinkhole muncul di Sukabumi, Pertanda Apakah Ini?

Belakangan ini banyak musibah atau bencana yang sedang terjadi di Indonesia bahkan seluruh dunia. Ada yang berupa bencana alam sampai kecelakaan yang menimpa warga indonesia belakangan ini. Contohnya pada bulan lalu ada bencana di italia yang melibatkan jembatan ribuh di kota genoa lalu di sukabumi kemarin ada bus yang masuk jurang dan menewaskan setidaknya 30 orang.

Dan kali ini juga dari sukabumi ada suatu bencana ataukah fenomena di sukabumi yang berupa lubang raksasa berdiameter kurang lebih 6 meter dengan kedalaman sekitar 10 meter. Fenomena ini sebelumnya juga pernah terjadi di Indonesia juga di seluruh dunia namun dalam diameter yang jauh lebih besar dan biasa disebut dengan sinkhole. Lubang atau sinkhole ini tiba-tiba muncul di sawah milik Cece Sudirman yang berusia 60 tahun tepatnya di persawahan di kampung Legoknyenang, Kabupaten Sukabumi.

Saat sedang berada di sawah pada siang hari menurut saksi bernama Cece yang merupakan pemilik sawah mendengan suara gemuruh yang besar da ketika dilihat ada lubang besar yang menganga di sawah miliknya. Awalnya menurut Cece lubang tersebut berukuran 3 meter tapi terus membesar sampai akhirnya sebesar 6 meter. Masih menurut Cece munculnya lubang ini atau amblesnya sawah milik dia terjadi karena ada gua di tempat saluran air peninggalan zaman belanda. Dan akibat kejadian ini, Cece mengaku merugi karena sawah yang baru saja ditanami padi menjadi rusak.

Namun fenomena sinkhole di sukabumi belum seberapa jika dibandingkan dengan 4 fenomena sinkhole yang sebelumnya pernah terjadi di dunia. Yang pertama ada sinkhole di jalan raya Fukuoka, Jepang yang berdiameter 30 meter dan berkedalaman 15 meter lalu ada juga di Xiaozhai Tiankeng di Tiongkok yang berdiameter lebih dari 500 meter dan sedalam 640 meter. Lalu ada lagi di museum nasional Corvette di Kentucky Amerika Serikat yang memiliki kedalaman 18 meter serta sinkhole paling indah ada di Belize dan dinamakan The Great Blue Hole sedalam 300 meter dan dibilang indah karena berada di dalam air laut yang bening sehingga dapat terlihat dari atas.