Sunday, December 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Faktor Penyebab Enamel Gigi Menjadi Keropos dan Rusak

Tahukah anda bahwa enamel gigi adalah zat terkuat dalam tubuh manusia? Enamel gigi memainkan peran penting dalam melindungi gigi kita dari bahaya potensial. Namun, kita cenderung merusak enamel gigi karena kebiasaan buruk yang kita lakukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan enamel gigi yang berharga menjadi keropos dan rusak.

  1. Tidak Mengobati Masalah Keasaman

    Masalah keasaman adalah salah satu penyebab terbesar erosi enamel gigi. Mengonsumsi makanan yang bersifat asam dan tidak mengobati penyakit refluks gastroesofagus atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) dapat menyebabkan asam lambung naik ke mulut. Asam lambung yang kuat ini memiliki efek erosif yang dapat merusak gigi anda.

  2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Buah yang Mengandung Asam Sitrat

    Menu diet yang dapat membersihkan racun (detoks) dengan meminum air lemon memang bermanfaat baik bagi tubuh manusia. Tapi ada penelitian yang menunjukkan bahwa hal ini mungkin bukan hal yang baik untuk gigi. Kandungan asam sitrat pada buah-buahan seperti lemon dapat mengikis enamel gigi.

  3. Makan Acar Terlalu Banyak

    Memakan acar terlalu banyak bisa merusak enamel gigi yang berharga. Acar biasanya disajikan dengan asam asetat atau cuka yang dapat merusak gigi.

  4. Makan Tidak Teratur

    Kebanyakan dari kita tidak bisa makan secara teratur dan tepat waktu karena kesibukan yang dihadapi setiap hari. Kandungan asam di mulut dapat meningkat sehingga merusak dan mengikis enamel gigi kita. Atur sela waktu makan anda agar tidak lebih dari 2 ½ jam hingga 3 jam. Jika anda sarapan pagi pada pukul 9:30 maka anda sebaiknya makan siang sekitar pukul 12:30.

  5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Minuman Bersoda

    Anda sebaiknya tidak mengonsumsi minuman bersoda terlalu banyak. Minuman bersoda memiliki kandungan gula dan asam yang tinggi sehingga dapat mengikis lapisan enamel gigi.

  6. Meminum Anggur Terlalu Banyak

    Apakah anda berencana untuk bersantai di malam hari dengan segelas anggur merah ? Studi penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi anggur bisa merusak lapisan enamel gigi dalam jangka panjang.

  7. Sering Muntah

    Seringkah anda mabuk berat setelah berpesta semalaman ? Anda tentu ingin muntah agar bisa merasa lega. Mereka yang menderita bulimia juga sering muntah terus-menerus setelah pesta makan. Anda mengeluarkan asam lambung yang kuat dari mulut setiap kali anda muntah. Muntah terus-menerus setelah minum atau makan yang berat dapat menyebabkan asam lambung bersentuhan dengan gigi anda. Hal ini dalam jangka panjang dapat mengakibatkan erosi pada lapisan enamel gigi.