Saturday, February 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Fakta-fakta Yang Membuktikan Jasa Pengusir Hantu Masih Laku Di Era Digital

Fakta-fakta Yang Membuktikan Jasa Pengusir Hantu Masih Laku Di Era Digital

Di era digital dengan penetrasi internet yang disebut-sebut sangat tinggi, ternyata masih terdapat fenomena yang cukup unik. Jasa pengusir hantu ternyata masih berseliweran di tengah masyarakat Indonesia. Kumparan pun mencoba menulusuri keberadaan bisnis ini. Berikut beberapa hal yang sangat menarik soal bisnis jasa pengusir hantu.

  1. Jasa Pengusir Hantu Masih Laku

Mengikuti perkembangan zaman, jasa para pengusir hantu pun ternyata tak hanya ditawarkan dari mulut ke mulut. Bahkan sudah diiklankan secara online. Basisnya tak hanya keyakinan atas keberadaan mahluk gaib itu, tapi juga dilengkapi dengan kajian metafisika. Salah satu pengusir hantu yaitu Hafiz Anwar mengatakan bahwa dirinya mengincar buruannya dengan metode metafisika. Selain Hafiz, pengusir hantu lainnya, yaitu Syaiful juga menggunakan metode yang sama yaitu metafisika. Baik Hafiz maupun juga Syaiful mengaku, jasa pengusir hantu yang mereka tawarkan tersebut masih sangat dibutuhkan masyarakat. Buktinya, permintaan terus mengalir.

  1. Ragam Tarif Jasa Pengusir Hantu

Bak penyedia layanan jasa pada umumnya, para pengusir hantu pun ternyata juga punya sistem harga. Penentuan harga pun dilakukan dengan cara beragam. Biasanya harga ditentukan dari tingkat permasalahan yang ditemui. Jika hantu atau energi negatif dinilai ringan, maka harga juga menyesuaikan. Namun jika hantu tersebut dinilai memang lebih bandel, harga yang dipatok juga cukup tinggi. Konsultan Spiritual sekaligus artis Ratna Listy mengaku dirinya mematok harga hingga ratusan juta rupiah.

  1. Ragam Ritual Pengusir Hantu

Para penyedia jasa pengusir memiliki cara otentik hingga pakemnya masing-masing dalam menjalankan aksinya. Tak hanya merapalkan doa-doa, para pengusir hantu itu pun tampil dengan beraneka ritual yang mengiringi. Mulai dari menggunakan media-media tradisional seperti bawang putih, jeruk purut, kembang, kendi, hingga aktivitas meditasi. Ada juga yang memakai bantuan alat canggih seperti pendeteksi energi.

Pengusir hantu juga tak melulu harus mendatangi rumah atau pun tempat bisnis yang menjadi target pembersihan. Tapi bisa juga hanya dengan melihat foto dan alamat, hingga sekadar mendengar cerita dari pemilik bangunan. Dengan cara itu, penjual jasa pengusir hantu sudah bisa langsung terkoneksi dengan target dan konon sudah mampu membuat hantu-hantu itu enyah.

  1. Iming-iming Garansi

Tak hanya beradu metode dan strategi, para pengusir hantu agar semakin meyakinkan juga mengiming-imingi garansi untuk memikat pengguna jasa. Pengusir hantu yang datang dari kalangan artis, semisal Ratna Listy serta guru spiritualnya Panglima Langit, menjanjikan bakal menggaransi seumur hidup jasa pengusiran hantu yang dikerjakannya.

Janji garansi hantu tak bakal balik lagi ternyata juga diberikan pengusir hantu lainnya, Gus Irwan. “Jika memang hantu itu belum pergi dari tempat tersebut kita ulangi kembali,” kata lelaki asal Wonogiri, Jawa Tengah itu. Akan tetapi dalam banyak kasus, kata dia, tak banyak pengguna jasanya yang mengeluhkan hantu yang ia usir kembali. Kecuali, hantu bandel yang memang dikirim oleh orang dengan motif kedengkian yang tak membiarkan orang yang meminta bantuannya lepas dari belenggu. Sementara itu, pengusir hantu yang berasal dari Jawa Tengah lainnya, Musa mengatakan, garansi yang ia berikan dalam pengusiran hantu juga mesti dibarengi dengan komitmen si pengguna jasa untuk mengupayakan pola perilaku yang baik untuk menciptakan energi positif.

  1. Persaingan Antar Pengusir Hantu

Persaingan dalam profesi ini pun tidak dapat terelakkan. Demi mendapatkan konsumen yang loyal, para pengusir hantu ini pun berlomba-lomba memberikan pelayanan ekstra. Mulai dari harga yang bisa dinego hingga jaminan garansi hantu tidak akan kembali. Klaim-klaim dari para pengusir hantu tentang keberhasilan mereka ternyata bukan hanya isapan jempol. Gusti Rosalina, salah satu artis dan juga caleg Partai Nasdem ini mengaku sudah dua kali menggunakan jasa konsultan spiritual yaitu Panglima Langit dan Ratna Listy. Oca panggilan akrab dari Gusti Rosalina menceritakan awal mula dirinya merasa membutuhkan jasa pengusir hantu adalah karena ia merasakan ada energi negatif yang ada di rumahnya. Kondisi ini berlangsung sekitar November tahun lalu. Oca menuturkan, setiap kali berada di rumah, hatinya merasa gelisah. Bahkan energi negatif itu juga berdampak pada seisi rumahnya. Setelah menggunakan jasa itu, Oca mengaku rumahnya kembali seperti sediakala. Tidak ada energi negatif yang dirasakan.

  1. Bisnis Jasa Pengusir Hantu Bakal Tetap Eksis

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara menjelaskan, dalam teori ekonomi, bisnis jasa pengusir hantu termasuk dalam kategori underground economy, yaitu semua kegiatan bisnis yang tidak tersentuh oleh sistem perpajakan. Bisnis ini menurutnya akan tetap bertahan meski zaman sudah berubah ke era digital. Tak lain adalah karena masyarakat Indonesia masih percaya dan punya ketertarikan tersendiri terhadap hal-hal berbau mistis dan klenik. Bahkan ketertarikan akan hal mistis dan klenik tersebut tidak terbatas pada masyarakat yang memiliki pendidikan dan ekonomi rendah.

Menurut Bhima, di zaman modern ini, anggapan itu kini telah terpatahkan. Klenik dan mistik kini bukan milik masyarakat pedesaan saja, namun juga mudah ditemukan pada masyarakat urban. Fenomena ini pun didukung oleh perkembangan teknologi khususnya media sosial. Menurut Bhima, adanya media sosial justru dimanfaatkan sebagai platform untuk mengiklankan jasa tersebut. Selain itu juga, informasi soal pengusiran hantu juga mudah ditemukan dan disebarluaskan kembali melalui media sosial. Adanya iklan dan informasi tersebut secara tak sadar membombardir masyarakat sehingga bisa membentuk sebuah opini baru.

Related Post

Emas Pertama Indonesia Di Asia Games 2018 Datang D... Ajang Asian Games yang sedang berlangsung saat ini syukurlah sudah memberikan banyak dampak positif bagi para warga Indonesia. Warga negara Indonesi...
Indonesia Menempati Peringkat Ke Lima Di Asian Par... Gelaran Asian Para Games berakhir pada hari ini, Sabtu (13/10/2018). Indonesia berhasil menduduki peringkat 5 di ajang olahraga Asian Para Games 201...
Mohammed Bin Salman Akan Kudeta Ayahnya Jika Lakuk... Tahun lalu, kolumnis dari New York Times yaitu Thomas Friedman telah menulis, kalau Arab Saudi akan mengalami puncak kejayaan jika dipimpin oleh Moh...
Anak SD Ini Menabung Untuk Bisa Berkurban Di Hari ... Di bulan agustus ini untuk para warga indonesia tentunya kita semua akan merayakan hari yang spesial untuk negara Indonesia tercinta ini dan itu ada...