Saturday, February 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Fakta-fakta Gempa Dan Tsunami Palu Yang Membuat Para Ilmuan Dunia Tercengang

Fakta-fakta Gempa Dan Tsunami Palu Yang Membuat Para Ilmuan Dunia Tercengang

Guncangan keras saat gempa Donggala kemarin telah menyebabkan longsor bawah laut yang mampu menciptakan gelombang tinggi. Kejadian tsunami besar di Palu itu tidak biasa, namun memang pernah terjadi pada gempa berkekuatan 9,64 SR di Alaska pada tahun 1964. Berikut adalah beberapa fakta mengenai gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Yang pertama, hampir seluruh alat pendeteksi tsunami telah rusak sejak tahun 2012 di hampir seluruh wilayah Indonesia dengan alasan biaya operasional yang tiap tahun menurun. Sutopo menilai keberadaan alat pendeteksi dini tsunami di Indonesia sangatlah dibutuhkan.Hal ini dikarenakan melihat kondisi perairan yang sangat luas dan rawan tsunami. Belum lagi akibat tidak adanya peringatan terlebih dahulu membuat banyaknya korban jiwa pada bencana ini.

Yang kedua, ilmuan asal Amerika Serikat dibuat bingung oleh Tsunami Palu karena menurut mereka gempa dengan kekuatan 7,7 SR kemungkinannya sangat kecil bisa membuatĀ  ombak sebesar itu dan bahkan sampai merusak, ujar Jason Patton, seorang ahli Geofisika yang mengajar di Humboldt State University.

Yang ketiga adalah sebanyak 254 gempa susulan terjadi. Tercatat dari hari senin tanggal 1 Oktober 2018 pukul 11.00 telah terjadi sekitar 254 gempa susulan di Sulawesi Tengah meskipun getarannya memang telah menurun namun sembilan di antaranya masih bisa dirasakan oleh warga.

Yang keempat terjadi penjarahan di minimarket hingga peralatan elektronik dan bahkan sampai kepada dealer kendaraan yang membuat kita merasa hal itu tidak masuk akal. Penjarahan ini dilakukan oleh masyarakat Palu dengan dalih untuk mendapatkan bahan makanan dan pakaian. Tapi jika sampai mengambil barang elektronik dan spare part kendaraan nampaknya sangat tidak masuk di akal. Dan parahnya lagi hal ini diliput oleh media asing.

Yang kelima ada satu kejadian unik saat Gempa dan Tsunami yang menyerang Palu dan sekitarnya dimana sebuah Mesjid masih terlihat utuh setelah dihantam oleh gempa dan tsunami. Hanya saja memang jembatan penghubung antara pulau dan mesjid telah hancur karena Mesjid ini berada di tengah-tengah perairan.

Itulah beberapa fakta yang kita dapat sampai sejauh ini dari bencana Gempa dan Tsunami yang menyerang Palu, Donggala dan sekitarnya. Semoga semua korban diberikan yang terbaik oleh Tuhan Yang Maha Esa dan semoga Sulawesi Tengah bisa cepat pulih seperti sedia kala.

Related Post

Netizen Sindir Edy Rahmayadi Dengan Mengatakan Hal... Pernyataan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Edy Rahmayadi mengenai evaluasi Timnas Indonesia pasca kegagalan di Piala AFF 2...
Ramalan Baba Vanga Sebut Akan Ada Tsunami Besar Di... Baba Vanga, seorang paranormal yang disebut akurat meramal serangan teror 11 September 2001 dan kebangkitan ISIS, disebut telah meramalkan beberap...
Presiden UFC Bereaksi Pada Ucapan Floyd Mayweather... Presiden UFC, Dana White merespon ucapan Floyd Mayweather Jr (Amerika Serikat) atas rencana terwujudnya duel melawan Khabib Nurmagomedov (Rusia). Se...
MUI Tegas Membantah Hukuman Potong Tangan Di Indon... Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) dengan tegas mengatakan tidak pernah mengusulkan hukuman potong tangan agar masuk ke dalam rangkaian hukum positif...