Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Fakta-fakta Dibalik Kasus Narkoba Yang Menjerat Nunung

Fakta-fakta Dibalik Kasus Narkoba Yang Menjerat Nunung

Polisi sudah berhasil merampungkan pemeriksaan terhadap komedian Nunung, bersama suaminya, July Jan Sambiran alias Iwan dan satu orang lainnya, Hadi Moheriyanto alias Tabu terkait kasus kepemilikan sabu. Dari hasil pemeriksaan telah diketahui, Nunung telah menggunakan sabu sejak 20 tahun yang lalu. Suami Nunung, ternyata bahkan sudah sejak 24 tahun menggunakan barang haram itu.

“Pengakuan dari tersangka NN dan juga suaminya JJ sudah dituangkan juga dalam berita acara itu berisi hal ini. Yaitu betul diakui sudah awal penggunaan 20 yang lalu dan JJ bahkan lebih. Sekitar kurang lebih 24 tahun yang lalu,” ucap Kasubdit 1 Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Calvijn Simanjuntak di Mapolda Metro Jaya, Minggu (21/17).

Calvijn juga mengatakan, pengakuan dari Nunung, ia menggunakan sabu untuk menjaga stamina dalam menjalani aktivitasnya sebagai publik figur. Dia juga menyebut suami Nunung sempat menasihati untuk berhenti menggunakan sabu.

Namun, hal itu mendapat penolakan dari mantan personel Srimulat itu. “Pengakuannya itu kalau NN dia menggunakan itu dalam hal pekerjaan stamina yang bersangkutan,” kata Calvin. “Tetapi kalau JJ saya katakan beberapa kali sudah menasihati untuk berhenti tetapi ada penolakan dari NN, ya karena berkali-kali disampaikan dimana NN ini ingin ditemani oleh JJ pada saat penggunaan narkoba itu,” tutupnya.

Nunung ditangkap di kediamannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan bersama suaminya, July Jan Sambiran. Saat polisi tengah menggerebek, ditemukan barang bukti sabu seberat 0,36 gram. Terkait hal tersebut, Tessy—sebagai rekan sesama selebriti yang sudah sejak lama mengenal Nunung sekaligus mantan pecandu narkoba—menyampaikan tanggapannya.

“Pribadi saya, saya enggak percaya,” ucap Tessy ketika ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (22/7). Tessy mengatakan dirinya tak pernah curiga Nunung mengonsumsi obat-obatan terlarang. Itulah yang membuatnya begitu terkejut ketika mendengar kabar ditangkapnya Nunung lantaran kedapatan memiliki sabu.

“Yang kemarin saja, yang saya kerja satu bulan penuh waktu acara sahur, saya enggak ngelihat itu Nunung ada gelagat pakai (sabu) atau ciri-ciri dia pakai,” ujar pemilik nama lengkap Kabul Basuki tersebut.

“Kan, saya mantan pengguna juga, jadi saya tahu, orang habis pakai itu begini-begini, ya. Saya tahu, Nunung, kalau mau syuting, dia istirahat dulu, tidur dulu. Kalau dia mau take, makeup dan sebagainya. Biasa saja,” sambungnya.

Sebagai salah seorang sahabat, Tessy berharap agar hasil asesmen menyatakan Nunung—sebagai pecandu—tak dijatuhi hukuman penjara. Ia juga berharap supaya perempuan berusia 56 tahun itu tak mendapat banyak tekanan hingga ingin bunuh diri seperti dirinya dulu.

“Kita tinggal nunggu asesmen bagaimana nanti. Mudah-mudahan, kita berharap, Mbak Nunung itu sebagai pecandu, sebagai korban, seharusnya sesuai dengan hukum, direhabilitasi. Orang direhabilitasi itu belum tentu bisa sembuh, kok, apalagi yang masuk penjara, tambah jadi,” tutur Tessy.

Menutup perbincangan, Tessy tak lupa memberi pesan bagi orang-orang untuk menjauhi narkoba. “Buat yang masih menggunakan, jauhilah. Kalau sudah tertangkap, itu sengsaranya setengah mati. Direhabilitasi itu sama saja kayak dipenjara lama, enggak ada bedanya,” pungkas Tessy.