Wednesday, January 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Facebook Putus Aplikasi Terhubung Demi Menjaga Privasi Penggunanya

Facebook putus aplikasi yang telah terhubung, hal ini memancing rasa kekesalan oleh semua pengguna di dunia. Namun sosial media terbesar di dunia tersebut berdalih, jika ini semua dilakukan untuk menjaga privasi semua pengguna. Terkait dengan adanya kebocoran data yang terjadi sebelumnya, sehingga facebook mengalami kerugian besar.

Langkah ini memang tindakan pencegahan dari kesalahan yang sudah terjadi sebelumnya, dimana diduga terjadi kebocoran data yang mengarah pada Cambridge Analytica (CA), awalnya ini memang rumor namun kini sudah menjadi sebuah bukti nyata. Dimana banyak negara yang melakukan gugatan, guna memberikan denda atas kelalaian tersebut.

Dimana kini sudah tidak bisa lagi digunakan ratusan bahkan ribuan platform yang terhubung dengan facebook sebelumnya. Ini sudah dijelaskan oleh VP of Product Parnership Facebook Ime Archiblog, dimana memberikan pembenaran, jika facebook putus aplikasi dengan akses API, sehingga harus melalui proses tinjauan kembali.

Blog resmi facebook tersebut menegaskan, jika tujuan facebook putus aplikasi tersebut untuk memberikan kepastian jika privasi semua informasi pengguna facebook aman. Ini tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan, namun ini untuk kebaikan di masa depan yang lebih baik lagi. Bahkan dari berita terbaru yang dilansir dari Mashable, langkah ini memang sengaja dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran data setelah insiden memalukan skandal CA.

Namun facebook tidak langsung melakukan pemutusan pada semua aplikasi atau platform yang sudah terhubung sebelumnya, diberikan peninjauan hingga batas waktu 1 agustus mendatang, guna menyerahkan semua data yang diminta sebelumnya. Nantikan akan dilakukan verifikasi kembali, apakah aplikasi yang telah terhubung bisa tetap lanjut atau perlu melakukan perbaikan bahkan bisa terjadi pemutusan total.

Baca juga : Media Sosial Pacar Jarang Ada Foto Pasangan, Ini Alasannya

Sudah jelas, semua aplikasi yang terhubung harus mendapatkan izin dari API, dimana menyebutkan tujuan aplikasi atau platform, kemudian akan lebih menguntungkan dari segi bisnis.Facebook menawarkan kontrak yang akan ditandatangani dengan sejumlah nominal keuntungan dan batas waktu penggunaan.

Tetapi untuk pengembang yang tidak mendapatkan izin dari API, maka harus bersiap dengan tindakan tegas, facebook putus aplikasi tersebut. Ini merupakan kebijakan tertinggi dari perusahaan, untuk bisa mengembalikan kepercayaan publik. Apalagi kasus skandal CA, cukup memukul keras facebook dengan mengalami penurunan harga saham sangat besar, bahkan terbesar yang pernah ada di bursa saham. Ini membuat bos facebook mengalami kerugian hingga lebih dari miliaran rupiah dalam satu hari saja.

Pengembangkan hal ini bukan hanya dilakukan oleh facebook, namun akun media sosial lainnya, seperti twitter. Bahkan langsung melakukan tindakan tegas, untuk akun nakal dan membangkang dengan sangsi penghapusan akun. Ini langkah tegas yang harus dilakukan untuk memerangi berita hoaks yang setiap detiknya berkembang dari seluruh belahan dunia.

Related Post

Gadis Cantik Penjual Nasi Uduk Ini Bikin Para Neti... Seorang pedagang nasi uduk di Bogor tengah menjadi sorotan publik belakangan ini, khususnya para pengguna jejaring sosial alias netizen. Bukan karen...
Ini Yang Dilakukan Hotman Paris Saat Hadiri Wisuda... Saat hadir ke London guna menghadiri wisuda anak bungsunya, di dalam sebuah video terekam Hotman Paris sedang menyantap menu kontroversial di mall m...
Inilah Nomor Punggung Edisi Maksa Banget Di Serie ... Nomor punggung memang menjadi salah satu identitas pemain. Biasanya pemain lini depan atau bintang sebuah klub sepakbola akan mendapatkan nomor peng...
Taman Nasional Gunung Rinjani Menutup Jalur Pendak... Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) ditutup untuk sementara, terkait masalah gempa. Hal ini bahkan ditegaskan lagi oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigas...