Sunday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Facebook Dan Instagram Mulai Buat Aturan Waktu Akses Penggunanya

Facebook dan instagram sedang melakukan upaya baru untuk membuat pengguna menjadi lebih efektif dan efisien, dimana akan mengambangkan fitur baru untuk melihat dan mengatur pemakaian akun media sosial dari kedua platform tersebut. Sebelumnya, kedua social media yang berkembang pesat tersebut, sudah melakukan connecting, sehingga bisa mendapatkan akses lebih mudah.

Hal ini disampaikan oleh David Ginsberh, selaku Direktur riset untuk facebook, yang bekerja sama dengan Ameet Ranadive selalu Direktur manajemen untuk produk Instagram. Ini terlihat dari blog resmi yang dikelola oleh Facebook pada Rabu (01/08/2018) lalu.

Dimana nantinya akan ada fitur baru, Activity dashboard. Dimana bisa menghitung penggunaan facebook dan instagram setiap pengguna, ini terhitung saat sudah mulai aktif digunakan pada setiap harinya. Jelas ini akan memberikan informasi, seberapa banyak penggunaan waktu Anda dalam dua akun sosial tersebut, sehingga bisa lebih efektif dan efisien kembali.

Bukan hanya memberikan informasi penggunaan, namun juga akan segera diterapkan batas waktu untuk pemakaian facebook dan instagram. Nantinya akan ada notifikasi penggunaan setelah selesai digunakan, hal ini untuk memberikan batasan berapa lama akses yang diperbolehkan setiap harinya. Ini untuk menekan penggunaan media sosial berlebihan, seperti yang terjadi pada banyak negara berkembang yang memberikan dampak kurang baik.

Baca juga : Instagram Down Lagi, Warganet Keluhkan Via Twitter

Fitur terbaru ini akan memberikan informasi sekaligus alarm dalam bentuk notifikasi, sudah berapa lama akses dalam media sosial digunakan. Jika sudah melebihi batas waktu yang ditentukan, maka pengguna tidak bisa lagi mendapatkan aksesnya, sehingga menunggu keesokan harinya. Ini tentu akan mengurangi tingkat freak (kecanduan) media sosial yang sudah terjadi sekarang ini.

Nantinya fitur ini akan melakukan pengaturan notifikasi, dimana bisa menonaktifkan semua pemberitahuan dari kedua sosial media tersebut sementara waktu, jika memang sedang tidak digunakan. Sehingga tidak akan mengurangi batasan waktu yang sudah diajukan oleh facebook dan instagram, ini bukan lagi wacana namun akan segera diterapkan

Bahkan dalam pernyataan Gineberg dan Ranadive yang dikutip dari blog resmi Facebook, dikatakan jika kami (facebook dan instagram) akan bertanggung jawab secara penuh pada semua pengguna yang menggunakan platform secara berlebihan. Dimana ini akan memberikan batasan sehingga bisa lebih efektif dalam penggunaan, bukan lagi berlebihan.

Kabarnya fitur ‘activity dashboard’ memang akan segera di luncurkan, namun untuk sekarang ini hanya bisa dinikmati untuk pengguna facebook dan instagram di Amerika Serikat. Hal in seperti kutipan dari TechCrounch. Namun The Verge, sudah melakukan uji coba dengan kedua flatfrom tersebut, namun hanya digunakan pada 1 persen pengguna saja.

One Comment

Comments are closed.