Sunday, September 27Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Dollar Melonjak Naik, Sri Mulyani Naikkan Pajak Kendaraan Ini

Dalam minggu ini kita tahu dollar melonjak naik hingga hampir 15 ribu rupiah walaupun memang sempat turun kembali di bursa penutupan BEI pada hari jumat dan berada di nilai 14.884 rupiah perdola amerika serikat haru jumat lalu. Walau begitu hal tersebut nampaknya tidak akan mempengaruhi keputusan Sri Mulyani untuk menaikkan pajak impor mobil mewah ke Indonesia.

Pemerintah memang harus menyesuaikan tarif pajak penghasilan guna menekan defisit neraca perdagangan. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan ada 1147 pos tarif yang akan disesuaikan mulai dari barang seharii-hari sampai barang-barang mewah. Revisi PMK ini menurut Sri Mulyani telah ditanda tangani dan akan diterbitkan sesegera mungkin. Sri Mulyani menuturkan hal ini dilakukan guna merespons keadaan ekonomo global saat ini.

Menurut Sri Mulyani barang mewah bukanlah hal yang penting di Indonesia oleh sebab itu Sri Mulyani dengan tegas akan menaikan pajak impor kendaraan mewah sebesar 190 persen dan juga menaikkan barang-barang mewah lainnya. Mengapa bisa sampai sebesar itu lalu menteri keuangan ini menjelaskan rinciannya dengan bijak.

Jika ada moobil mewah yang mau masuk ke Indonesia maka mereka harus membayar pajak sebesar 125 persen PPnBM lalu ditambah Bea masuk seitar 50 persen, PPn 10 Persen ditambah PPh 10 persen pula sehingga kira-kira kaum parlente jika ingin membawa kendaraan impor mewah ke Indonesia harus membayar sekitar 190 persen. Dengan begitu diharapakan akan mengurangi impor mobil mewah ke Indonesia.

Jika kita telaah lagi keputusan tersebut jika ada yang ingin membeli mobil mewah dari luar negeri maka ia harus mengeluarkan biaya sebesar hampir 3 kali lipat dari harga aslinya di negara asalnya dan rasanya itu cukup sesuai untuk kaum parlente yang tentunya tidak akan bermasalah dengan harga tersebut jika mereka benar-benar kaya raya alias tidak dipaksakan kaya, hahaha.

Bahkan menurut catatan yang ada selama periode Januari sampai Agustus 2018 saja sudah ada nilai total impor untuk kendaraan bermotor pengangkutan orang yang mencapai 87,88 juta dollar AS. Krisis ekonomi global memang sedang melanda seluruh bagian dunia belakangan ini. Oleh sebab itu kita sebagai warga masyarakat yang baik tentunya jangan hanya memprotes pemerintah atas naiknya dolar tapi tetaplah melakukan hal-hal yang bisa membantu beban pemerintah. Bagaimana caranya, mari berpikir karena otak diciptakan Tuhan untuk digunakan dengan sebaik-baiknya, hihihi.