Monday, September 28Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Di Negeri Ini, Anak-anak SD Harus Berangkat Sekolah Sendiri

Ulasan Dunia – Di Negeri Jepang, anak SD sangat mudah ditemukan di jalan raya dan stasiun, berjejer dengan teman-temannya sedang mengantri untuk naik ke dalam kereta menuju sekolahnya. Sejak kecil memang kebiasaan di Jepang adalah membiasakan anak-anak mereka untuk mandiri dan saling tolong menolong sehingga menjadi pribadi yang mandiri dan tidak mudah takut, dalam kasus ini tentunya tidak takut nyasar, hehehe.

Pernah ada film dokumenter tentang kemandirian anak-anak di Jepang ini sejak usia muda. Bila kita datang ke jepang makan akan sering melihat anak-anak yang naik kereta atau bus sendiri layaknya orang dewasa. Kalau di Indonesia pastinya anak kecil selalu ditemani para orangtuanya kecuali anak jalanan. Orang tua di jepang memang mengajarkan kemandirian kepada anak-anaknya sejak masih kecil.

Pernah salah satu saluran televis australia mempublikasikan video dokumenter anak-anak kecil ini di Youtube. Bagaimana anak-anak itu pergi mandiri ke sekolahnya masing-masing. Menurut video tersebut diartikan bahwa anak-anak ini harus belajar menghadapi kesulitan dan tantangan sejak masih kecil sebagai tahap awal kehidupan. Anak-anak jepang ini mampu merawati diri mereka sendiri secara mandiri dibandingkan dengan anak-anak dari belahan dunia lain.

Salah satu bentuk kemerdekaan bagi anak-annak Jepang ini adalah saat mereka sudah bolak-balik ke sekolah sendiri. Salah satu anak kecil dalam video tersebut bernama Noe Ando menjelaskan bahwa ia dapat berpakaian sendiri,  menyiapkan peralatan sekolah sendiri dan pergi ke sekolah sendiri menggunakan kereta ataupun bus.

Namun kemandirian anak-anak itu bisa didapatkan selain karena didikan dari orangtuanya juga dikarenakan tingkat kejahatan yang jauh lebih rendah dibandingkan negara lain terutama Indonesia. Dan sebagai info saja di Jepang anak Tk harus sekolah dari jam 8 sampai jam 2 siang. Kalau di Indonesia jam 10 paling sudah pulang. Lalu apa yang diajarkan selama itu? ternyata bukan membaca dan menulis melainkan diajarkan kemampuan dasar dalam lingkungan sehari-hari yang lebih condong ke bidang seni entah musik atau kreatifitas yang lain. Yang jelas mereka diajarkan segala hal ringan yang akan bermanfaat untuk kehidupan sehari-harinya untuk anak seusianya.

Lalu manakah sistem pendidikan yang benar? Jepang, Australia, Indonesia atau negara lain. Semuanya benar karena menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dan kebiasaan di negara masing-masing.

One Comment

Comments are closed.