Saturday, May 26Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Detik-detik Menegangkan Saat Roller Coaster Universal Studios Jepang Mendadak Macet

Sebuah wahana roller coaster di Universal Studios Jepang membuat penumpangnya berpacu jantung. Kali ini bukan karena perjalanan yang mendebarkan melewati rel yang berliuk-liuk berpuluh meter dari atas tanah. Bukan pula karena rangkaian panjang yang memaksa penumpang untuk berputar balik di ketinggian. Kali ini karena roller coaster yang tiba-tiba berhenti di ketinggian dan menjebak penumpangnya selama berjam-jam.

Mimpi buruk bagi para penggemar roller coaster tersebut terjadi di Universal Studios Jepang pada 2 Mei lalu. Saat itu sebuah wahana roller coaster mengalami gangguan pada rel sehingga sistem keamanan otomatis langsung bekerja dan mengghentikan laju kereta. Roller coaster pun langsung macet selama 2 jam dengan beberapa puluh orang penumpang di ketinggian 20 sampai 30 meter dari atas permukaan tanah.

Dikutip dalam pemberitaan di Japan Times (3/5/2018), roller coaster berhenti sekitar pukul 16:45 waktu setempat. Roller Coaster Flying Dinosaur terbagi menjadi dua rangkaian dan berisikan 60 orang penumpang tiba-tiba mengalami masalah. Kejadian anomali yang diduga terjadi pada rel kereta tersebut membuat sistem pengamanan otomatis diaktifkan dan roller coaster langsung berhenti.

Salah satu rangkaian berhenti di dekat pintu keluar sedangkan rangkaian lain terhenti pada lintasan atas yang tingginya antara 20 hingga 30 meter. Selama kurang lebih 2 jam, penumpang macet di dalam roller coaster yang terhenti tersebut.

Pihak penyelamatan Universal Studio Jepang pun langsung menurunkan pasukan untuk melakukan upaya penyelamatan pada penumpang yang terjebak. Penumpang pada rangkaian pertama dibimbing untuk keluar dari kereta dan langsung menuju yang pintu masuk yang untungnya hanya berjarak beberapa meter saja.

Sedangkan penumpang di rangkaian kedua yang berada di lintasan atas, diselamatkan melalui lorong pintu samping roller coaster. Kemudian mengarah turun ke bawah.

Pihak Flying Dinosaur mengungkap dalam keterangan mereka, bahwa dugaan sementara masalah terjadi pada suspensi pada rel kereta roller coaster. Meskipun saat ini penyelidikan masih berlanjut. Kejadian kemarin merupakan kali ketiga Flying Dinosaur mengalami masalah. Sebelumnya terjadi pada bulan September dan Agustus tahun lalu.