Monday, July 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia, Ada Indonesia?

Ada beberapa negara maju yang termasuk deretan terkaya di dunia. Negara terkaya tersebut bukan hanya didaftarkan berdasarkan dari berapa jumlah kekayaan yang mereka miliki. Namun juga bagaimana prospek perkembangan mereka dari sektor ekonomi. Daftar tersebut di bawah ini dibuat oleh AfrAsia Bank dan berdasarkan data dari pertumbuhan ekonomi masing-masing negara dari tahun 2016 hingga awal 2018. Sehingga memang terlihat jelas negara mana dengan nilai kekayaan tertinggi dan juga persentase perkembangan kekayaan terbesar pula.

Berdasarkan dari artikel yang berjudul AfrAsia Bank Global Wealth Migration Review 2018 yang disadur di laman Khaleej Times, Rabu (9/5/2018). Terdapat beberapa daftar berbeda yang dibuat. Salah satunya merunutkan 10 negara terkaya di dunia. Ada juga daftar negara dengan perkembangan paling signifikan serta negara yang perekonomiannya paling berkembang dalam jangka waktu tersebut.

Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia

1. Amerika Serikat
Total kekayaan: USD 62,58 triliun

2. China
Total kekayaan: USD 24,8 triliun

3. Jepang
Total kekayaan: USD 19,5 triliun

4. Inggris
Total kekayaan: USD 9,92 triliun

5. Jerman
Total kekayaan: USD 9,66 triliun

6. India

Total kekayaan: USD 8,23 triliun

7. Prancis
Total kekayaan: USD 6,65 triliun

8. Kanada
Total kekayaan: USD 6,39 triliun

9. Australia
Total kekayaan: USD 6,14 triliun

10. Italia
Total kekayaan: USD 4,28 triliun

Amerika Serikat masih menjadi negara terkaya di dunia dengan nilai kekayaan mencapai USD 62,58 triliun. Negara maju ini memang mengalami peningkatan ekonomi yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Namun meskipun menjadi negara terkaya, Amerika Serikat tidak menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi paling signifikan atau pun pesat.

Negara dengan pertumbuhan ekonomi paling signifikan ada China yang mencapai angka pertumbuhan 22 persen. Angka tersebut cukup menakjubkan dengan sederet produksi import China yang memang semakin gencar memasuki pasar global. Sedangkan negara dengan pertumbuhan ekonomi paling maju justru India yang mencapai 25 persen.

Perkembangan tersebut membawa India meraih penghargaan “Best Performing Wealth Markets” dan juga sederet pujian. Bagaimana tidak, pertumbuhan global saja hanya mampu mencapai 12 persen.

Indonesia? Sayangnya belum masuk ke dalam daftar.