Monday, December 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Cukupkah Buka Puasa Hanya Dengan Kurma ?

Buka Puasa Dengan Kurma

Kita memang di sunahkan untuk menyegerakan berbuka dan mengakhiri sahur, bahkan saat berbuka puasa selalu disajikan makanan manis bahkan buah-buahan untuk segera mengembalikan kondisi tubuh. Tetapi ada sunah Rasul yang mengatakan untuk berbuka dengan menggunakan kurma, apakah ini cukup untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti semula.

Padahal ada banyak makanan manis yang memiliki kandungan karbohidrat sederhana, sehingga dengan cepat dirubah menjadi energi. Tetapi ada baiknya mengikuti anjuran Rasul, sehingga mendapatkan sunahnya, tapi apakah ini cocok untuk kita yang ada di Indonesia.

Berdasarkan penelitian, kurma memang banyak mengandung potasium, dimana ini bisa memperbaiki kinerja otot dan saraf agar berfungsi seperti semula, namun tidak disarankan konsumsi kurma terlalu banyak saat berbuka, karena memiliki kandungan gula cukup tinggi.

Namun apakah cukup hanya konsumsi kurma saja saat berbuka kemudian melakukan ibadah salat magrib tanpa akan merasa lapar, makan kurma minimal 5 buah bisa mengembalikan kondisi tubuh seperti semua dengan cepat, namun ini tidak akan bertahan lama.

Disarankan memang untuk konsumsi makanan lainnya, namun harus memperhatikan kebutuhan tubuh. Hindari makanan dengan kandungan gula, garam dan lemak tinggi. Lebih baik banyak konsumsi makanan kaya serat, protein dan mineral, sehingga tubuh tidak akan mengalami penurunan kondisi, sehingga bisa memicu terjadinya sakit. Pasalnya di bulan puasa akan tetap beraktivitas seperti biasa, bahkan dikatakan oleh ahli gizi. Jika ingin menurunkan berat badan dengan seimbang dan tidak mengalami gangguan pencernaan, sebaiknya ikuti puasa di bulan Ramadan. Ini akan sangat baik untuk tubuh, selain menghilangkan berat badan bisa mengembalikan kondisi tubuh menjadi lebih sehat.

Dianjurkan saat berbuka, tetap konsumsi makanan, minimal memiliki satu porsi buah dan sayur. Ini akan jadi menu pembuka puasa yang cukup, jika Anda konsumsi 5 buah kurma dan satu gelas air putih. Cukup untuk berbuka dan melakukan ibadah, namun jika masih merasa lapar bisa ditambahkan menu makanan berat seperti nasi dan lauk pauk.

Jadi, sudah cukup jelas jika kurma memberikan banyak kebaikan dan baik di konsumsi sebagai makanan berbuka puasa, tidak perlu berlebihan karena nantinya akan melakukan ibadah salat. Jika Anda sudah mulai menerapkan berbuka puasa dengan kurma, maka tidak akan membutuhkan teh manis lagi, karena rasa manis kurma akan cukup dengan segelas air putih.

Bahkan kurma bisa menjadi penolong saat terlambat untuk sahur, konsumsi saja 5 buah kurma dan satu gelas air putih hangat. Ini akan jadi bekal sahur yang cukup, bahkan jika tetap harus beraktivitas seperti bekerja seperti biasanya, namun jangan terlalu sering karena tubuh juga membutuhkan asupan makanan lainnya saat sahur.

Related Post

Cara Aneh Menumbuhkan Rambut Secara Instan Cara aneh kini digunakan untuk mengatasi masalah rambut, pasalnya kerontokan yang terjadi sudah tidak normal lagi dan berpotensi menuju kebotakan. Pad...
6 Cara Mudah Memperkuat Ikatan Pernikahan dan Memb... Apa rahasia untuk membuat pernikahan kokoh, bahagia dan abadi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mungkin akan butuh jawaban yang panjang, bahkan t...
Kegiatan Kecil yang Memicu Penyebaran Bakteri Berl... Rumah yang bersih akan membuat semua anggota keluarga merasa nyaman dan betah, namun secara tidak sengaja banyak orang melakukan kegiatan kecil yang...
Ibu Hamil Disarankan Lebih Sering Mengkonsumsi Bua... Ibu hamil memang disarankan untuk menjaga pola makan dengan baik, bukan hanya memilih makanan namun juga harus memperhatikan porsi makan. Karena sekar...

One Comment

Comments are closed.