Tuesday, September 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Cuci Tangan yang Benar, Bukan Sekadar Membasuh Dengan Air

Cuci tangan adalah kebiasaan bagus, namun sayang tidak semua orang bisa melakukan dengan benar. Biasanya kegiatan membasuh tangan dengan air akan dilakukan setelah dari luar ruangan, sebelum makan dan minum bahkan untuk memegang anak kecil. Pasalnya kuman paling banyak terdapat pada permukaan tangan, tetapi apakah cara mencuci tangan yang Anda lakukan sudah benar.

Sebagian besar orang mencuci tangan hanya dengan air, asalkan terlihat bersih maka sudah dipastikan bebas dari kuman. Ini hal yang salah, ada baiknya Anda melihat lagi apa tujuan cuci tangan itu sendiri. Selain membersihkan kotoran yang terlihat oleh mata, mencuci tangan juga bisa membersihkan kuman, penyakit dan bakteri yang menempel dan berpotensi menjadi penyakit.

Kebiasaan mencuci tangan memang bagus, namun hampir semua orang tidak menggunakan teknik cuci tangan yang tepat. Hal ini bahkan tidak banyak disadari, karena merasa tangan sudah bersih, wangi dan tidak meninggalkan bau tak sedap.

Bahkan kebanyakan orang mencuci tangan tanpa menggunakan sabun cuci tangan, hal ini sama saja hanya dengan mengalirkan air, tidak akan menghilangkan bakteri atau kuman yang menempel di permukaan tangan. Padahal sabun bisa menghilangkan sumber penyakit, ini akan jadi penularan paling tepat untuk anak-anak.

Baca juga : Kulit Berminyak Harus Gunakan Perawatan Tepat Cegah Jerawat

Selain itu, kesalahan yang banyak dilakukan saat cuci tangan adalah terlalu cepat. Selain menggunakan sabun, Anda juga harus mencuci tangan pelan-pelan. Sehingga bisa membasuh keseluruhan permukaan tangan, menghilangkan kuman dan virus. Selain itu, setelah mencuci tangan minimal 20 detik, Anda sebaiknya mengeringkan permukaan tangan.

Kenapa harus dikeringkan? Karena permukaan tangan yang basah berpotensi mengembalikan kuman dan bakteri yang sebelumnya sudah hilang saat cuci tangan. Sangat rugi bukan, sudah bersih namun kuman dan virus harus kembali lagi. Gunakan handuk bersih atau tisu jika dalam keadaan darurat, pastikan tangan kembali kering sebelum digunakan.

Ternyata ada banyak kesalahan yang dilakukan saat cuci tangan, mulai sekarang coba biasanya menggunakan sabun untuk mencuci tangan. Selain itu jangan terlalu cepat dan terlalu lama, cukup bilas seluruh permukaan tangan di depan dan belakang. Kemudian keringkan dengan handuk, ini akan membuat Anda terhindar dari kotoran dan kuman, selain itu Anda juga mengurangi potensi sakit ringan pada anak-anak.

Related Post

Perut Gatal Ketika Masa Kehamilan, Apakah Bayi Sed... Perut gatal saat kehamilan banyak diartikan jika calon buah hati sedang dalam pertumbuhan rambut, hal ini memang masih menjadi mitos. Karena beberapa ...
Jemaah Haji Indonesia Diimbau Tidak Memakai Sandal... Jemaah haji Indonesia tahun ini diimbau oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar menggunakan alas kaki saat menunaikan ibadah haji, pasalnya kini su...
Pangeran Louis Dibaptis Hari Ini, Ada Alasan Manis... Pangeran Loius, anak ketiga pasangan Pangeran William dan Kate Middleton , akhirnya resmi dibaptis pada Senin (09/07/2018) waktu Inggris setempat. Ini...
Pesan Terakhir Kate Spade Untuk Putrinya Kemarin dunia fashion sempat heboh dengan berita kematian Kate Spade, bahkan saat ditemukan tidak bernyawa dengan cara bunuh diri. Hal yang memang ban...

One Comment

Comments are closed.