Saturday, February 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Cuci Tangan yang Benar, Bukan Sekadar Membasuh Dengan Air

Cuci tangan adalah kebiasaan bagus, namun sayang tidak semua orang bisa melakukan dengan benar. Biasanya kegiatan membasuh tangan dengan air akan dilakukan setelah dari luar ruangan, sebelum makan dan minum bahkan untuk memegang anak kecil. Pasalnya kuman paling banyak terdapat pada permukaan tangan, tetapi apakah cara mencuci tangan yang Anda lakukan sudah benar.

Sebagian besar orang mencuci tangan hanya dengan air, asalkan terlihat bersih maka sudah dipastikan bebas dari kuman. Ini hal yang salah, ada baiknya Anda melihat lagi apa tujuan cuci tangan itu sendiri. Selain membersihkan kotoran yang terlihat oleh mata, mencuci tangan juga bisa membersihkan kuman, penyakit dan bakteri yang menempel dan berpotensi menjadi penyakit.

Kebiasaan mencuci tangan memang bagus, namun hampir semua orang tidak menggunakan teknik cuci tangan yang tepat. Hal ini bahkan tidak banyak disadari, karena merasa tangan sudah bersih, wangi dan tidak meninggalkan bau tak sedap.

Bahkan kebanyakan orang mencuci tangan tanpa menggunakan sabun cuci tangan, hal ini sama saja hanya dengan mengalirkan air, tidak akan menghilangkan bakteri atau kuman yang menempel di permukaan tangan. Padahal sabun bisa menghilangkan sumber penyakit, ini akan jadi penularan paling tepat untuk anak-anak.

Baca juga : Kulit Berminyak Harus Gunakan Perawatan Tepat Cegah Jerawat

Selain itu, kesalahan yang banyak dilakukan saat cuci tangan adalah terlalu cepat. Selain menggunakan sabun, Anda juga harus mencuci tangan pelan-pelan. Sehingga bisa membasuh keseluruhan permukaan tangan, menghilangkan kuman dan virus. Selain itu, setelah mencuci tangan minimal 20 detik, Anda sebaiknya mengeringkan permukaan tangan.

Kenapa harus dikeringkan? Karena permukaan tangan yang basah berpotensi mengembalikan kuman dan bakteri yang sebelumnya sudah hilang saat cuci tangan. Sangat rugi bukan, sudah bersih namun kuman dan virus harus kembali lagi. Gunakan handuk bersih atau tisu jika dalam keadaan darurat, pastikan tangan kembali kering sebelum digunakan.

Ternyata ada banyak kesalahan yang dilakukan saat cuci tangan, mulai sekarang coba biasanya menggunakan sabun untuk mencuci tangan. Selain itu jangan terlalu cepat dan terlalu lama, cukup bilas seluruh permukaan tangan di depan dan belakang. Kemudian keringkan dengan handuk, ini akan membuat Anda terhindar dari kotoran dan kuman, selain itu Anda juga mengurangi potensi sakit ringan pada anak-anak.

Related Post

Mulai Atur Keuangan Agar Bebas Utang Setelah Lebar... Pengaturan keuangan yang baik akan membuat hidup Anda bebas utang, hal ini sudah dibuktikan banyak orang. Kebanyakan memang melihat pinjaman sebagai p...
Inilah Jenis-jenis Kekerasan Dalam Berpacaran Yang... Menjalin hubungan pacaran dengan kekasih pujaan tentu akan terasa indah dan membahagiakan. Akan tetapi kalau pacaran tersebut sudah diwarnai dengan ...
Hal yang Boleh Dilakukan dan Tidak Boleh Dilakukan... Pagi hari adalah masa awal dari suatu hari yang akan kita lalui. Kita mesti memulai pagi hari dengan semangat baru dan mengikuti jadwal yang telah d...
Main Gadget Terlalu Lama, Ini Cara Menjaga Kesehat... Main gadget bukan hal baru di era digital saat ini, bukan hanya orang dewasa namun anak-anak juga sudah punya akses tanpa batas di internet dengan men...

One Comment

Comments are closed.