Sunday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Churros, Camilan Manis Yang Mudah Dibuat Sendiri Di Rumah

Churros merupakan camilan manis, gurih dan asing (tergantung toping apa yang digunakan), berasal dari Spanyol yang menjadi jajanan yang disukai hampir semua orang. Hampir mirip seperti roti goreng, namun rasanya lebih renyah, bahkan cara membuatnya tidak terlalu sulit. Itulah kenapa, banyak yang menjadikan makan ringan ini sebagai sarapan, camilan atau sekadar teman minum teh.

Anda tentu lebih suka membuat makanan sendiri, pasalnya bisa mengembangkan kemampuan memasak, apalagi untuk perempuan. Sekaligus menghindari makanan cepat saji yang tidak Anda ketahui bagaimana proses pembuatannya. Apalagi dengan membuat sendiri akan lebih hemat uang dan waktu, dimana bisa sambil bersantai di rumah.

Mau membuat churros sendiri di rumah, ini tidak membutuhkan banyak bahan, bahkan bisa jadi sudah tersedia di dapur. Untuk membuat satu porsi dimakan sendiri atau porsi besar dengan keluarga juga tidak membutuhkan waktu lama, bahkan bisa jadi quality time menyenangkan bersama keluarga di akhir pekan.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat churros, tepung terigu 150 gram atau lebih, sesuai porsi yang ingin di buat. Susu cair putih (bisa juga digantikan susu kental manis yang sudah di encerkan) 200 mililiter. Telur satu butir, margarin, kayu manis bubuk dan vanila untuk essence saja. Garam dan gula pasir sebagai pelengkap rasa, untuk toping bisa menggunakan gula putih bubuk, cokelat batangan (asli) dan meses.

Baca juga : Scrambled Egg Lebih Enak Dengan Tambahan Bahan Ini

Bagaimana cara membuatnya, tempatkan dalam satu panci ukuran sedang, susu cair, gula pasir, margarin dan garam. Masak dengan api sedang dan aduk hingga rata, setelah tercampur tambahkan vanila essence agar aromanya menyenangkan. Aduk terus hingga menguap kecil dan kecilkan api lebih kecil lagi.

Secara bertahap tambahkan tepung terigu, aduk rata hingga tidak lagi menggumpal. Jika sudah menguap dan tercampur rata, matikan apinya dan biarkan adonan menjadi dingin. Setelah itu tambahkan telur dan aduk adonan hingga tercampur rata, masukkan dalam piping bag dan potong ujungnya, mulailah untuk menggoreng churros.

Gunakan wajah anti panas dengan minyak secukupnya, tekan ujung piping bag sehingga mengeluarkan adonan churros. Goreng hingga mengapung dan berwarna keemasan, tiriskan dalam saringan dan tunggu hingga dingin. Setelah minyak turun, sajikan dengan toping kesukaan. Hidangkan dengan teh atau kopi sebagai camilan sore, ini akan menyenangkan dan di sukai anak-anak. Lebih aman dan tidak mengandung pengawet makanan, sehingga bisa di konsumsi jangka panjang.

One Comment

Comments are closed.