Thursday, July 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Cara Unik Malaysia untuk Melunasi Hutang Negara

Cara Unik Malaysia untuk Melunasi Hutang Negara

Ulasan Dunia – Imbas dari krisi Ekonomi Global yang melandan seluruh dunia ternyata tidak hanya menyerang Indonesia saja. Seperti yang dilakukan oleh Menter Keuangan Republik Indonesia yaitu Sri Mulyani yang menaikkan pajak impor mobil mewah hingga 190 persen dan barang-barang mewah lainnya. Jika itu adalah salah satu hal yang dilakukan Indonesia dalam upaya sebagai respon dari krisis ekonomi global maka negara tetangga kita yaitu Malaysia juga memiliki cara tersendiri menghadapi krisis ini.

Malaysia diketahu saat ini sedang mengalami krisi ekonomi karena memiliki hutang sebesar 3500 triliun rupiah, wow jumlah yang sangat banyak sekali ya. Namun perdana menteri Malaysia tidak menyerah begitu saja dan melakukan banyak terobosan untuk mencoba membantu membayar hutang tersebut. Kurang lebih ada 5 cara yang digunakan Mahatir Muhammad untuk melunasi hutang negaranya ini.

Yang pertama yaitu dengan membuka rekening Hope Found yaitu rekening yang digunakan untuk menerima sumbangan dari warga malaysia untuk negara agar mampu membayar hutangnya. Lalu yang kedua ada cara unik dengan memotong para gaji Menteri sebesar 10 % di setiap bulannya dan yang ketiga ada pembatalan acara Ultah Raja Malaysia agar anggarannya bisa dialokasikan ke Negara untuk membantu membayar hutang tersebut. Acara Ultah raja Malaysia telah dihelat pada tanggal 9 september 2018 ini.

Selanjutnya ada cara unik lagi dari para warga malaysia yang membuka usaha cuci mobil guna mengumpulkan dana secara independen guna membantu pemerintah membayar hutang-hutangnya. Dan yang terakhir adalah dibatalkannya tiga proyek besar Malaysia dengan Tiongkok yang sebelumnya sudah menghabiskan dana sebesar 22 miliar dollar amerika serikat atau sekitar 325 triliun rupiah.

Wah kalau di Indonesia apakah bisa ya memotong gaji para Menteri untuk membantu membayar hutang, Mungkin bisa-bisa saja ya tapi yang paling sulit pastinya memotong gaji Anggota DPR yang sebagian pekerjaannya adalah… emmm apa ya pekerjaan Anggota DPR di Indonesia, hehehe. Tapi warga negara Indonesia juga mau atau tidak ya membantu pemerintah membayar hutang? sepertinya mereka lebih suka mengkritik pemerintah daripada membantu pemerintah, huahahaha.