Monday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Cara Simpan Sayur dan Buah yang Tepat Di Dapur Agar Tidak Cepat Busuk

Cara simpan sayur dan buah tidak cukup di masukkan dalam lemari pendingin, Anda harus tahu jika setiap sayur dan buah memiliki ketahanan yang berbeda. Selain itu, jika salah dalam penyimpanan, maka ini bisa menjadi racun. Inilah kenapa anak-anak bisa mengalami sakit perut hingga gangguan pencernaan, padahal lebih banyak konsumsi makanan rumahan.

Anda tentu tidak mungkin setiap saat mengganti buah dan sayur, bahkan lebih suka membeli dalam jumlah banyak seperti pembelian buah-buahan. Bagaimana cara untuk menyimpan dan tidak mudah busuk, pastikan beberapa buah dan sayur berikut ini di simpan dengan cara yang benar agar tidak mudah busuk dan membuat keracunan.

5 Cara Simpan Buah dan Sayur Agar Tidak Mudah Busuk

  1. Buah Apel

    Ini jenis buah yang sulit penyimpanan setelah di kupas, pasalnya apel akan mudah menghitam setelah di letakkan di luar ruangan atau terkena banyak oksigen. Jika menyimpan apel yang telah di kupas di dalam larutan jeruk yang asam, saat menyimpan apel yang belum di konsumsi, sebaiknya jangan di campur dengan buah lainnya.

    Tempatkan di posisi yang tidak terkena atau tertimpa, karena saat apel tertimpa maka ada bagian yang cokelat, ini akan berpotensi terjadi busuk satu butir apel secara keseluruhan, padahal hanya satu bagian yang tertimpa. Biasanya di lemari pendingin ada penyimpanan khusus buah dan sayur, tempatkan apel di posisi paling atas saja.

    Baca juga : Rendang Kuliner Khas Indonesia Siap Go Internasional

  2. Bayam

    Ini jenis sayuran yang cukup sulit untuk di simpan, namun bayam memiliki banyak manfaat untuk anak-anak yang sedang tumbuh, pasalnya tinggi zat besi dan vitamin lainnya. Selain itu, Anda tidak bisa menyimpan bayam terlalu lama, maksimal 2 hari setelah pembelian, bahkan bayam biasanya sudah layu dan tidak segar lagi.

    Jika memang membeli bayam terlalu banyak, bisa menyimpan dalam lemari pendingin. Caranya, bungkus bayam secara menyeluruh dengan plastik, usahakan tidak membuang bagian akar sehingga bisa tetap segar. Selain itu, tempatkan di pojokkan agar tidak tertimpa barang lainnya, ini tidak akan menghilangkan kandungan vitamin dan mineralnya.

  3. Buah Jeruk

    Ini merupakan buah dengan kandungan vitamin C tinggi, sangat bagus untuk kesehatan dan kulit menjadi lebih kencang. Selain itu, anak-anak jadi tumbuh lebih sehat dan aktif setiap harinya, namun banyak orang yang sebal jika membeli jeruk dalam jumlah banyak, sering kali busuk bahkan baru disimpan selama 4 hari saja.

    Jika punya jeruk dalam jumlah banyak, agar awet hingga 2 minggu. Ada baiknya tidak disimpan dalam lemari pendingin, ini memang akan membuatnya awet namun sering kali berkerut dan rasanya menjadi masam. Tempatkan saja di meja makan, ini akan bisa di konsumsi tanpa harus menambahkan apapun, bahkan tidak akan cepat busuk.

  4. Buah Semangka

    Ini jenis buah yang akan di buru di musim panas, pasalnya rasanya segar dan enak, bahkan tanpa perlu di simpan terlebih dahulu di lemari pendingin. Namun untuk membeli semangka, biasanya harus satu lingkaran penuh, padahal salam satu hari belum tentu bisa dihabiskan, ada cara simpan buah dan sayur dengan benar.

    Caranya, kupas semangka dan potong kecil-kecil. Setelah itu, tempatkan dalam wadah yang cukup besar, tutup rapat dan simpan di lemari pendingin. Ini akan tetap bagus dan awet hingga 3 hari ke depan, namun disarankan tidak menyimpan dalam freezer karena rasanya akan berubah dan buah menjadi lebih asam.

    Baca juga : Sering Masak Ternyata Bisa Memicu Tambah Gemuk Loh !

  5. Bawang Putih

    Ibu rumah tangga tentu akan membeli bumbu seperti bawang putih dalam jumlah banyak, minimal satu kilogram. Namun jika jarang masak, tentu akan membuat bawang putih kering dan tidak bisa digunakan kembali. Bahkan jika ada satu siung bawang putih yang busuk, bisa menular pada lainnya dan menjadikan semua bawang putih akan musim.

    Ada baiknya di simpan dalam lemari pendingin, namun bawang putih mengeluarkan bau menyengat. Kenapa tidak ditempatkan dalam wadah tertutup, sehingga bawang tidak akan tumbuh dan bisa digunakan hingga beberapa bulan ke depan. Ini solusi bagus bukan, sehingga saat membeli dalam jumlah banyak tidak perlu pusing untuk menghabiskan sekaligus.

Ternyata ada banyak cara simpan sayur dan buah, ini hal kecil yang harusnya diketahui ibu rumah tangga atau orang yang menyukai berkutat di dapur. Sehingga bisa mempunyai buah dan sayur tetap segar, meskipun sudah disimpan lebih dari satu minggu dalam lemari pendingin, rasa dan kandungan buah bahkan tetap sama.

One Comment

Comments are closed.