Tuesday, September 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Cara Mudah Hilangkan Capek dan Pegal Setelah Mudik

Mudik adalah kegiatan tahunan yang sudah menjadi rutinitas, apalagi jika kini Anda bekerja atau bermukim di luar kota dan jauh dari kampung halaman. Ada rasa berbeda saat bisa sampai bertemu orang tua dan keluarga besar, bahkan ada rasa tidak rela harus kembali ke aktivitas harian.

Bahkan baru terasa pegal setelah kembali ke kota, tetapi Anda tidak pernah kapok untuk kembali ke kampung halaman saat lebaran. Jangan terlalu banyak mengeluh saat harus kembali bekerja, ini hanya akan menambah rasa lelah. Sebenarnya ada cara mudah untuk menghilangkan pegal dan lelah setelah mudik.

5 Cara Mudah Hilangkan Capek dan Pegal Setelah Mudik

  1. Lakukan Peregangan Ringan

    Sudah pasti ada ribuan bahkan jutaan orang kembali ke kampung halaman saat mudik, sehingga hampir semua transportasi umum menjadi penuh. Baik darat, laut dan udara, bahkan terjadi penumpukan dan kemacetan yang membuat jarak tempuh menjadi lebih lama.

    Setelah kembali ke rumah, maka lakukan peregangan ringan terlebih dahulu sebelum tidur. Ini akan membuat otot terasa lebih ringan, sehingga mengurangi tegang dan kaku. Lakukan peregangan mulai dari leher, pinggang, punggung dan kaki. Anda menjadi tidur lebih nyaman dan bisa bangun lebih segar saat kembali kerja.

  2. Konsumsi Air Putih Lebih Banyak

    Saat berpuasa Anda tidak bisa makan dan minum seperti biasa, sehingga banyak yang mengalami dehidrasi. Apalagi saat di kendaraan Anda malas makan dan minum, sehingga kekurangan cairan tubuh, inilah yang membuat tubuh terasa sangat lelah dan capek, meskipun sudah menggunakan moda transportasi terbaik.

    Ada baiknya setelah kembali, lebih banyak konsumsi air putih. Jika bisa gunakan air hangat dengan suhu ruangan, ini akan membuat perut menjadi lebih nyaman dan bisa menghilangkan rasa lelah. Selain itu, gunakan air hangat untuk mandi, ini akan jadi relaksasi sehingga rasa capek setelah mudik bisa hilang sepenuhnya.

    Baca juga : mulai atur keuangan agar bebas utang setelah lebaran

  3. Olahraga Ringan

    Bagaimana bisa olahraga jika tubuh rasanya capek, paling enak tentu tidur. Ini salah besar, karena otot akan menjadi kaku karena tidak mendapatkan peregangan yang tepat. lakukan olahraga ringan seperti jogging atau sekadar pemanasan ringan, sehingga tubuh bisa menjadi berkeringat dan memicu rasa lapar sehingga nafsu makan meningkat.

  4. Pemijatan

    Hal yang paling di sukai setelah mudik adalah pergi ke tempat pijat, dimana terapis bisa membuat otot yang tegang menjadi lebih relaks. Ada juga aroma terapi yang menenangkan, sehingga bisa menghilangkan rasa lelah. Bahkan dengan pijatan, bisa menghilangkan rasa nyeri dan memperlancar peredaran darah.

    Ada baiknya gunakan paket pijat seluruh tubuh, bahkan di bagian kepala. Kebanyakan orang mudik mengalami sakit kepala, karena aliran darah ke otak berkurang dan sering kali tegang di perjalanan. Maka dari itu, pemijatan yang tepat akan membuat sistem kerja saraf kembali seperti semula, sehingga terasa segar dan siap untuk kembali bekerja.

  5. Istirahat yang Cukup

    Anda malas untuk keluar rumah, apalagi jika datang dari perjalanan jauh, bahkan terjebak macet. Kenapa tidak langsung istirahat dengan tidur yang cukup panjang, ini akan mengembalikan tubuh menjadi seperti semula. Namun pastikan, tidak menonton tv atau bermain gadget sehingga tubuh bisa istirahat penuh.

Ternyata mudah bukan untuk atasi masalah capek dan lelah setelah mudik, ini tentu akan sangat berguna, karena sebagian besar kembali ke tempat bekerja atau permukiman sekarang menjelang habisnya cuti bersama. Bisa mengembalikan kondisi tubuh akan membantu Anda kembali bekerja dan tidak mengalami sakit.

Related Post

Cara Alami Untuk Membuat Tumit Mulus Menjelang Leb... Bagian bawah kaki sering kali menjadi perhatian utama, pasalnya masalah tumit yang pecah menjadi momok menakutkan setiap wanita. Terlebih saat harus m...
Kate Spade Ditemukan Bunuh Diri di Apartemenya Berita duka untuk dunia fashion, Kate Spade, di temukan sudah dalam meninggal di apartemennya pada 05 Juni 2016 pukul 10.20 waktu setempat. Spade dite...
Balap Lari Banteng Spanyol Memakan Korban Jiwa Balap lari banteng memang jadi agenda tahunan di Spanyol, dimana kali ini Festival Balap Lari Banteng tersebut berlangsung di Pamplona, Spanyol. Namun...
Manfaat Tidur Siang Saat Berpuasa Di Bulan Ramadan Bulan Ramadan sudah pasti semua umat muslim akan menjalankan ibadah puasa, namun hal ini tentu tidak akan menghentikan segala aktivitas harian. Semu...