Thursday, October 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Cara Mengendalikan Amarah Saat Berpuasa

Cara Mengendalikan Amarah Saat Berpuasa - Tips Berpuasa

Datangnya bulan Ramadan, sudah pasti seluruh umat muslim akan menjalankan Ibadan puasa. Saat berpuasa, harus bisa menahan lapar, haus dan hawa nafsu. Amarah termasuk dalam hawa nafsu yang harus dikendalikan seseorang, jika marah maka puasa tidak akan mendapatkan balasan pahala dari Allah.

Marah memang tidak akan membatalkan puasa, namun Anda melakukan kegiatan yang sia-sia karena puasa yang didapatkan hanya lapar dan haus saja. Maka dari itu harus bisa mengendalikan emosi, apalagi di siang hari saat kondisi lapar tanpa asupan makan dan cuaca sangat panas. Ini tentu saja bisa menyulut emosi dengan cepat, bahkan dengan penyebab kecil saja.

Ternyata ada cara mudah untuk mengendalikan amarah berlebih, apalagi saat bekerja atau mendapatkan tekanan berlebih. Jangan sampai amarah akan mengganggu puasa dan membuat stres berkepanjangan nantinya, ini hanya akan merugikan.

Tips 4 Cara Mudah Mengendalikan Emosi Saat Berpuasa

1. Menarik Napas Panjang

Ini cara paling mudah jika merasa emosi akan segera meledak, kenapa bisa amarah lebih cepat meluap saat berpuasa. Ini terjadi karena kadar glukosa dalam darah mengalami penurunan, sehingga rasa lapar sangat terasa.

Sehingga orang akan lebih cepat marah, bahkan dengan candaan atau hal kecil saja. Hampir seperti wanita yang sedang mengalami siklus datang bulan, namun bedanya saat berpuasa rasa lapar dan haus yang memicu kemarahan.

Tarikan napas panjang dan mengeluarkan dengan perlahan akan membantun mengendalikan emosi, bahkan saat Anda akan marah ini bisa lebih terkendali. Jangan buat puasa Anda menjadi percuma, hanya karena emosi sesaat yang merusak puasa Anda seharian ini.

2. Lakukan Olahraga Ringan

Ini akan sangat membantu, pasalnya saat berpuasa kondisi tubuh lebih lemas dan lemah karena kurangnya asupan makanan. Kenapa tidak lalu olahraga ringan seperti peregangan, atau jogging santai menjelang berbuka puasa, ini akan melupakan sejenak masalah dan bisa jadi waktu berbuka sudah tidak lama lagi.

3. Berwudhu

Ini adalah saran dari Rasullah SAW, dimana jika hambanya sedang dalam kondisi marah dan tidak terkendali. Sebaiknya segera mengambil air wudhu, ini akan membuat Anda bisa berpikir dengan jernih dan tidak berbuat hal yang merugikan nantinya.

Baca juga: Lapar Mata Saat Berbuka? Atasi Dengan Cara Ini!

Berwudhu juga bisa menyegarkan dan membuat badan menjadi lebih tenang, air yang dingin bisa menurunkan suhu tubuh. Namun ingat, di bulan puasa tidak boleh memasukkan air dalam lubang mana pun, jika terlanjur berkumur, ini memang boleh namun disarakan tidak, karena khawatir air tertelan dan membatalkan puasa.

4. Rubah Posisi

Anda merasa marah saat duduk, maka coba untuk berdiri. Jika berdiri masih merasa marah, maka ada baiknya berjalan-jalan. Emosi juga bisa keluar jika seseorang berada dalam posisi sama selama berjam jam bahkan seharian penuh.

Ini biasanya terjadi pada orang yang bekerja di kantor, maka dari itu disarankan saat jam istirahat untuk berjalan keluar. Ada baiknya keluar ruangan, selain bisa mendapatkan suasana baru ini akan mengubah mood dan mengendalikan emosi.

Pengendalian emosi paling bagus memang diri Anda sendiri dan di bulan Ramadan diharapkan untuk lebih sabar dan menjaga diri, ini adalah waktunya Anda merasakan apa yang tidak dirasakan sebelumnya. Merasa lapar dan haus seharian, ini tentu tidak Anda alami setiap harinya, namun ada banyak orang yang merasakannya di luar sana dan tidak seberuntung kita sekarang ini.

Related Post

Jepang Sedang Dalam Misi Gila Membuat Lift Dari Bu... Dunia Teknologi memang selalu berkembang dalam setiap tahunnya tidak terkecuali di sektor yang satu ini. Bukan dari Gadget atau Gawai lain yang mema...
Hati-Hati Efek Samping Negatif Jarang Tidur Banyak anak muda punya kebiasaan buruk di malam hari, yaitu tidak bisa tidur atau banyak yang menyebutnya insomnia. Padahal penyakit ini disebabkan ol...
Polusi Udara Dapat Meningkatkan Risiko Diabetes, I... Polusi udara memang bukan hal baru, apalagi untuk Anda yang tinggal di perkotaan. Setiap hari harus menghirup udara yang tidak sehat, ini menjadi pemb...
Produk Pendukung Selama Puasa Jadi Lebih Segar dan... Bagi seluruh umat muslim di dunia, datangnya bulan Ramadan berarti sudah bersiap untuk menjalankan ibadah puasa. Ini bukan kendala namun Anda harus ...

One Comment

Comments are closed.