Monday, November 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Cara Mencuci Hijab Supaya Terus Terlihat Baru

Cara Mencuci Hijab Supaya Terus Terlihat Baru - Tips Hijab

Memasuki bulan ramadan, tentu sudah mulai terpikirkan untuk membeli baju baru. Ini bukan hal utama untuk menyambut kemenangan, toh masih ada pakaian lainnya yang tetap bagus digunakan saat hari raya. Kenapa tidak membuat tampilan menjadi lebih baru, apalagi hijab yang akan digunakan nantinya.

Sebenarnya ada cara mudah untuk membuat hijab sehari-hari terlihat baru, bahkan setelah di cuci beberapa kali. Caranya, perhatikan bagaimana cara mencuci hijab yang benar. Tidak sedikit yang hanya mencuci hijab dengan cara di rendam, ini akan membuat warna pudar dan hilang.

Ada baiknya perhatikan terlebih dahulu, apa saja hijab yang akan di cuci. Pasalnya kini ada banyak jenis, bahan dan warna hijab. Ini jadi trik tersendiri dalam mencuci, jangan langsung dicampurkan begitu saja, warna dan kualitas bahan yang berbeda tentu akan sangat berpengaruh setelah selesai di cuci, apalagi jika sudah dijemur nantinya.

Nah, jika memang ingin mencuci hijab, maka mulai tempatkan hijab sesuai warna dan bahannya. Sebaiknya siapkan ember berukuran kecil namun dalam jumlah banyak, karena hijab memang berukuran kecil dan kainnya cenderung tipis. Ada baiknya mencuci hijab tidak dicampurkan dengan pakaian lainnya, seperti kaos dan baju dengan bahan dan warna berbeda.

Baca juga: Cukupkah Buka Puasa Hanya Dengan Kurma ?

Selanjutkan, tuangkan air dan deterjen secukupnya, jumlahnya tergantung berapa banyak hijab yang di cuci. Jika bisa gunakan air hangat atau suam suam kuku, sehingga bakteri dalam kain bisa mati dan tidak menimbulkan gatal saat digunakan kembali.

Dalam mencuci, pilih hijab dengan warna terang terlebih dahulu, kenapa? Untuk menghindari agar warna tidak mudah hilang dan sisa pembilasan tidak akan luntur pada hijab dengan warna lainnya. Seperti warna hitam akan lebih cepat luntur, sebaiknya rendam maksimal 30 menit saja, kemudian bilas dengan air mengalir.

Sedangkan hijab dengan warna putih, perhatikan di bagian yang sering dijadikan lekukan dan langsung menempel pada wajah. Ini biasanya meninggalkan noda khusus, memang awalnya tidak terlihat namun bisa menimbulkan noda garis nantinya. Kucek lembut bahkan bisa menggunakan sikat khusus, jika masih ada bagian yang terlihat kotor.

Sangat mudah bukan dalam mencuci hijab, bahkan ini akan tetap terlihat seperti baru. Kuncinya adalah memisahkan warna, memang agak sedikit ribet, tapi ini memberikan hasil yang lebih bagus dari pada mencampurkan semuanya.

Selain itu, mencuci hijab juga tidak perlu terlalu lama dan jangan gunakan detergent terlalu banyak. Ini akan membuat hijab menjadi kaku dan kering, sehingga saat digunakan menjadi tidak nyaman. Dalam pengeringan, sebaiknya jangan langsung terkena sinar matahari atau cukup di angin-anginkan saja. Lebih bagus mencuci hijab di sore hari, ini akan tetap kering di pagi harinya jika akan digunakan kembali.

Related Post

Terjadi Lagi Rumah Diblokade Tembok Oleh Tetangga ... Jika kemarin Lukman Hakim menuliskan kata tenggang rasa di akun twitternya terhadap apa yang sedang hangat menjadi perbincangan belakangan ini nampa...
10 CEO Terseksi Ini Bakal Bikin Laki-laki Terperan... Memimpin sebuah bisnis besar atau korporasi bukan urusan yang gampang. Padatnya berbagai aktifitas membuat tenaga dan pikiran praktis terkuras. Tapi b...
Setelah 24 Jam, Pengantin Baru Ini Harus Rela Mene... Berita haru juga hadir sebelum perhelatan Asia Games ini dilakukan dan melibatkan dua insan asal Malaysia yang telah melakukan momen bahagianya yait...
Mulai Rubah Kebiasaan Buruk Minum Langsung Dari Tu... Saat kita merasa haus pasti akan segera minum, apalagi jika berada di luar rumah tentu mencari air minum kemasan dalam botol. Apakah Anda akan langsun...