Tuesday, September 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Cara Makan yang Benar, Beri Jeda 30 Menit Baru Minum Setelah Makan Besar

Cara makan yang benar memang harus diajarkan sejak dini, saat makan besar apa yang harus dilakukan terlebih dahulu, minum atau makan. Kebanyakan orang Indonesia akan minum lebih dahulu untuk membasahi tenggorokan, bahkan saat makan juga kembali minum. Ternyata ini cara makan yang salah, pasalnya membuat sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik.

Apakah Anda sudah tahu jika minum setelah makan membutuhkan waktu jeda? Tidak banyak orang tahu cara makan yang benar, apakah hanya sekadar menghabiskan makanan dan merasa kenyang. Ini kebiasaan yang buruk, pasalnya perut membutuhkan waktu istirahat untuk mencerna makanan. Sehingga setelah makan besar, ada baiknya menunggu jeda minimal 30 menit untuk minum. Mengapa demikian ?

Ternyata makanan yang masuk ke dalam perut membutuhkan waktu hingga dua jam untuk dapat dicerna dengan baik, siklusnya pertama akan masuk ke perut. Kemudian ke usus dan terakhir ke saluran pembuangan. Namun saat dalam proses tersebut, tidak membutuhkan banyak cairan, untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Lain halnya jika Anda makan sekaligus minum, ini akan membuat keseimbangan tersebut terganggu. Efeknya yang terjadi, Anda akan gampang lapar. Sehingga ada baiknya supaya tidak mudah lapar, pastikan makanan habis terlebih dahulu baru minum. Ini akan membuat proses pencernaan makanan bisa berlangsung penuh, selain itu ada dampak lainnya, dimana makanan akan masuk berlebihan, ini akan memengaruhi kebutuhan kalori harian.

Baca juga :Banyak Manfaat Konsumsi Air Kelapa Muda Untuk Tubuh

Kenapa harus menerapkan cara makan yang benar, pasalnya jika Anda makan dengan minum bersamaan, ini akan membuat terhambatnya proses terjadinya sekresi enzim, hal tersebut membuat terjadinya peningkatan kadar asam di dalam tubuh. Parahnya, bisa terjadi heartburn atau terjadi sensasi panas di dada secara tiba-tiba, bahkan banyak yang disertai dengan perih.

Selain itu, jika kebanyakan minum saat makan bisa menghambat penyerapan nutrisi pada makanan, tubuh tidak akan mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan karena semua asupan makanan sudah mengalir ke sistem pembuangan akhir.

Jika Anda memberikan jeda minimal 30 menit untuk minum, maka sistem pencernaan tubuh bisa berlangsung dengan baik dan terhindar dari beberapa penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Seperti Obesitas, terjadinya peningkatan kadar kolesterol dalam darah bahkan gula darah bisa meningkat secara mendadak.

Untuk itu, mulai sekarang coba terapkan cara makan yang benar dengan berhenti minimal 30 menit sebelum minum. Jika memang terasa haus, kenapa tidak memilih makanan berkuah, sehingga makanan bisa di telan dengan mudah. Apalagi jika Anda makan dengan tergesa-gesa, ini akan membuat masalah lain di sistem pencernaan.

Related Post

Seorang Pria Difabel Menemukan Jodohnya Melalui Li... Kisah cinta yang tulus dan tak memandang fisik kembali datang dari China. Ya negara Tiongkok ini memang selalu menghadirkan kisah-kisah yang bermaca...
Ini kata Ahmad Dhani dan Sandiaga Uno Terkait Dito... Deklarasi Ganti Presiden di Surabaya pada hari minggu, 26 agustus kemarin berjalan ricuh. Massa pendukung gerakan 2019 ganti presiden mendapat penol...
Scrambled Egg Lebih Enak Dengan Tambahan Bahan Ini Scrambled Egg akan jadi menu sarapan yang paling cocok, memasak tidak perlu lama dan membutuhkan banyak keahlian. Selain itu, rasanya sudah pasti enak...
Air Garam Mitosnya Dapat Meredakan Sariawan, Apaka... Air garam bukan lagi rahasia untuk mengatasi sariawan, hal ini sudah dilakukan sejak dahulu dan memberiakan hasil memuaskan. Meskipun rasanya sangat m...

2 Comments

Comments are closed.