Wednesday, October 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Cara Kalibrasi Baterai Android

Kalibrasi Baterai Android

Cara kalibrasi baterai Android kerapkali ditanyakan oleh para pengguna ponsel, karena salah satu permasalahan yang paling sering menimpah smartphone Android adalah menurunnya daya kerja baterai atau baterai cepat habis. Menurunnya performa beterai bisa disebabkan karena kondisi baterai yang memang menurun disebabkan karena pemakaian, bisa pula karena sistem operasi pada android untuk mengatur baterai yang bernama Battery Stats mengalami kerusakan. Sebab, rusaknya Battery Stats dapat membuat tampilan data kapasitas baterai menjadi tidak benar.

Untuk mengatasi kedua persoalan tersebut, yakni mengembalikan performa baterai dan memperbaiki informasi pada Battery Stats, dapat dilakukan dengan cara melakukan kalibrasi baterai. Proses kalibarasi ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni cara manual dan cara otomatis dengan menggunakan aplikasi.

Berikut cara kalibrasi baterai Android selengkapnya:

1. Cara Manual

Untuk melakukan kalibrasi baterai dengan cara manual, pertama charge ponsel Android dalam keadaan menyala hingga penuh (100%) kemudian matikan. Dalam keadaan mati, lakukan kembali charge ponsel hingga indikator menunjukkan 100%. Indikator ini biasanya dalam bentuk LED yang warnanya akan berubah hijau jika baterai dalam keadaan penuh.

Setelah baterai penuh, lakukan kembali langkah pertama, yaitu men-charge ponsel dalam kondisi menyala hingga penuh (100%). Setelah penuh, lepas charge, dan gunakan ponsel untuk berbagai aktifitas, entah bermain game, browsing, mendengarkan lagu atau menonton video, dan biarkan hingga ponsel mati sendiri karena kehabisan daya baterai.

Baca juga: Ilmuwan Singapura Berhasil Mengirim Jus Lemon Melalui Internet

Jika baterai sudah habis, diamkan terlebih dahulu ponsel selama 10 – 15 menit, dan charge kembali ponsel tersebut dalam keadaan mati hingga benar-benar penuh. Tapi ingat, jangan sampai kelebihan.

Cara di atas adalah langkah-langkah melakukan kalibrasi baterai secara manual yang butuh kesabaran dan kedisiplinan. Jika dilakukan hingga beberapa kali, cara tersebut akan efektif untuk mengembalikan kondisi bvaterai hingga tampak seperti baru.

2. Cara Otomatis (Menggunakan Aplikasi)

Untuk melakukan kalibrasi baterai dengan cara otomatis diawali dengan mengunduh dan menginstal aplikasi Android yang bernama Current Widget: Battery Monitor, dan Pasang aplikasi tersebut pada homescreen.

Charge-lah ponsel yang sudah terpasang widget hingga penuh, atau angka pada widget menunjukkan kapasitas maksimal dari baterai. Cabut charge dan restart ponsel. Pada saat ponsel Android menyala kembali, pada saat itu pula kondisi baterai sudah terkalibrasi.

Demikian cara kalibrasi baterai Android untuk mengembalikan performa baterai ponsel.

Related Post

Kabel Pengisi Daya iPhone X Kabarnya Sempat Dihila... Apple masih menempati posisi pertama produsen smartphone yang selalu menampilkan ponsel pintar berkelas, paling canggih dan menempati harga tertinggi....
Tangan Halus Seperti Sutra, Ini Cara Mudah Untuk M... Tangan halus dan lembut seperti sutra, Anda tentu ingin mendapatkannya. Ini tidak hanya Anda temui pada anak bayi saja, namun kini banyak wanita yang ...
Di Korea Selatan, Jokowi Dibilang Mirip Artis Ini ... Pembukaan Asian Games Jakarta Palembang 2018 telah sukses dilaksanakan dan ada banyak momen menarik yang bisa kita lihat dari acara 4 tahunan ini di...
Tips Kesehatan – Penting Melepas Sepatu Sebe... Tips Kesehatan - Anda tentu akan selalu mendengar ibu berkata, lepas sepatu sebelum masuk dalam rumah. Ternyata hal tersebut bukan hanya untuk menja...