Monday, February 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Cara Efektif Mengendalikan Emosi Diri Sendiri

Kita mesti memuji orang-orang yang dapat menjaga keadaan emosi dirinya tetap stabil. Mereka tidak mudah kehilangan pengendalian diri, tidak mudah panik, dan dapat menangani situasi yang dihadapinya dengan baik. Berikut ini adalah cara efektif yang biasanya dilakukan oleh orang yang mampu mengendalikan emosi diri sendiri dengan baik.

  1. Tidak Mudah Marah

    Anda memilih untuk tetap tenang di saat berada dalam kondisi stress yang penuh tekanan dan mencoba menangani situasi dengan tenang daripada berteriak dan menyalahkan orang lain.

  2. Meminta Maaf

    Anda meminta maaf ketika tahu bahwa diri anda telah melakukan suatu kesalahan. Anda tahu bahwa diri anda tidak akan menjadi orang yang lebih rendah karena meminta maaf pada orang lain jika melakukan suatu kesalahan.

  3. Mengikuti Naluri (Instinct)

    Anda mengikuti naluri (instinct) dalam mengambil keputusan dan melakukan suatu tindakan. Anda belajar mengikuti naluri (instinct) dari pengalaman yang anda peroleh di masa lalu.

  4. Tidak Terjebak di Masa Lalu

    Anda menata kehidupan di masa sekarang dan selanjutnya daripada terjebak di masa lalu dan merasa bersalah atas kesalahan yang diperbuat di masa lalu. Anda sadar sepenuhnya bahwa hidup ini terus berlanjut.

  5. Tidak Menyimpan Rasa Benci dan Dendam

    Anda mengerti bahwa menyimpan rasa benci dan dendam tidak akan pernah bisa menjadi solusi untuk suatu masalah. Anda menggunakan akal sehat untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

  6. Tidak Mudah Percaya dengan Isu-Isu Negatif

    Anda adalah seseorang yang menghindari untuk percaya begitu saja terhadap suatu hal negatif yang diceritakan kepada diri anda. Anda tidak pernah membuat asumsi tanpa memahami dan menyadari suatu situasi dengan akurat.

  7. Tidak Menyalahkan Keadaan

    Anda dapat menerima bila ada suatu hal yang berada di luar kendali anda dan tidak menyalahkan keadaan yang terjadi karena faktor-faktor luar (eksternal).

  8. Memperbaiki Kekurangan Diri Sendiri

    Anda selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas diri sendiri yang pada akhirnya akan menaikkan kualitas hidup anda dan hubungan dengan orang lain.

  9. Memberikan Kesempatan pada Orang Lain

    Anda duduk santai, rileks, dan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk memimpin daripada berupaya menunjukkan diri anda penting. Selain itu anda memberikan dukungan penuh kepada mereka jika dibutuhkan.

  10. Menggunakan Waktu Luang dengan Baik

    Anda memilih untuk menghabiskan waktu luang dengan melakukan suatu hal yang produktif sehingga diri anda sendiri dan orang lain di sekitar anda bisa memperoleh manfaat. Anda menyadari bahwa membuang waktu adalah hal yang tidak semestinya dilakukan.

Related Post

Piala Dunia 2018 Berhasil Datangkan Keberuntungan ... Piala Dunia 2018 sudah digelar sejak 14 Juni lalu, dimana nantinya akan berakhir pada 15 Juli 2018 mendatang. Dimana ini memberikan keuntungan besar u...
Foreplay Tepat Itu Penting Untuk Mendapatkan Momen... Foreplay tepat untuk pasangan yang akan berhubungan intim itu sangat perlu, pasalnya ini akan mengantarkan pada momen klimaks yang menyenangkan. Maka ...
Lapar Mata Saat Berbuka? Atasi Dengan Cara Ini! Setiap memasuki bulan suci Ramadan, sudah pasti menjelang waktu berbuka akan ada banyak pedagang dadakan yang menjual takjil. Ini adalah makanan kec...
Awas, Inilah Bahaya Menahan Bersin Bagi Manusia Bersin merupakan respon alami dari tubuh terhadap sebuah rangsangan yang ada pada organ pernapasan makhluk hidup salah satunya tentu manusia. Jika s...

One Comment

Leave a Reply