Monday, May 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Cara Alami Cegah DBD

Waspada Demam Berdarah

Beberapa bulan terakhir ini, kasus DBD (demam berdarah dengue) terus meningkat. Padahal sebagian besar masyarakat telah berupaya membersihkan lingkungan rumahnya. Seperti fogging, membuang barang bekas tempat air menggenang, membasimi jentik-jentik, dan lain-lain.

Namun, hal itu ternyata masih belum cukup untuk menghindarkan seseorang dari gigitan nyamuk Aedes aegypti (sebagai pembawa wabah DBD). Selain melakukan pencegahan, sebaiknya imbangi juga dengan menjaga dan meningkatkan imunitas agar terhindar dari DBD. Berikut ini caranya:

Bawang Putih

Bawang putih cocok untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Lakukan itu sebelum musim berubah, yaitu dengan makan satu suing bawang putih segar dari jenis apa pun sekali sehari. Iris tipis-tipis bawang putih, kemudian campur dengan nasi, atau dimakan bersama buah pisang. Rasanya memang sedikit pedas, namun jangan menjadikan hal itu sebagai penghalang.

Bawang Putih

Perlu diperhatikan, bawang bisa menimbulkan efek samping, terutama kalau dikonsumsi bersama obat. Untuk itu bagi mereka yang sedang minum obat, sebaiknya konsultasi dahulu dengan dokter.

Air Hangat

Hindari minuman dingin, gantilah dengan yang hangat, termasuk air hangat untuk minuman sehari-hari. Merepotkan, tetapi cobalah berusaha, karena dengan cara ini, kita akan dapat menjauhi berbagai gangguan saluran cerna dan saluran nafas yang menurunkan daya tahan tubuh.

Air hangat

Apalagi bagi yang mempunyai dispenser untuk air panas dan dingin, maka sayang kalau tidak melakukannya. Akan lebih baik lagi kalau diberi air perasan jeruk nipis yang berkhasiat sebagai anti oksidan dan mengandung vitamin C.

Daun Pepaya

Walaupun belum banyak, namun sudah ada studi ilmiah yang membuktikan jus daun papaya membantu mempercepat penyembuhan pasien DBD, dengan meningkatkan trombosit agar kembali normal.

Jus Daun Pepaya

Cara menggunakannya, buat jus daun papaya, berikan 1-2 sendok makan pada pasien dua kali sehari. Amati perbaikan kesehatannya. Jus ini juga sangat disarankan diminum rutin untuk pencegahan DBD.

Kurma

Buah kurma tetap menjadi pilihan utama di anatara buah-buahan lain kalau ingin digunakan untuk meningkatkan daya tubuh. Hal itu karena kurma mengandung gula, vitamin A,B,C,D dan K, serta mineral Na, kalsium, zat besi, magnesium.

Kurma

Agar hasilnya maksimal, pilih buah kurma yang berkualitas tinggi. Makanlah paling sedikit tiga butir kurma sehari, namun khusus pengidap diabetes perlu berkonsultasi dengan dokter. Jangan membeli sari kurma yang dijual bebas, lebih baik membuat sendiri. Caranya, siapkan 5-7 buah kurma, diiris-iris, buang bijinya. Rendam irisan kurma tersebut dalam 250 mililiter air mendidih dalam mangkok selama 30 menit. Saring sambil menekan-nekan ampas daging buah kurma. Setelah itu sisihkan ampasnya. Minumlah air buah kurma sekali sehari selama 14 hari.

Jinten Hitam

Jinten hitam

Biji jinten hitam merupakan herbal pilihan untuk mendongkrak daya tahan tubuh. Karena itu bahan tersebut perlu diperhatikan pemakaiannya dalam menghadapi nyamuk penyebab DBD, yang akhir-akhir ini makin kebal, dalam artian makin sulit diobati.