Sunday, June 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Cara Agar Kebutuhan Cairan Tetap Terpenuhi Saat Berpuasa

Cara Agar Kebutuhan Cairan Tetap Terpenuhi Saat Berpuasa

Selama menjalankan ibadah puasa ramadan, tubuh tidak mendapatkan asupan selama kurang lebih 16 jam. Dan selama itulah, cairan di dalam tubuh berkurang dan bisa mengakibatkan dehidrasi. Nah, bagi kamu yang ingin menjalankan ibadah puasa ramadan dengan lancar tanpa mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyimak beberapa tips berikut.

Berikut ini adalah tujuh tips mencegah dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa ramadan yang bisa kamu terapkan:

  1. Minum air dua liter perhari

Pada dasarnya, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda namun rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya delapan gelas air mineral per hari atau setara dengan dua liter air. Dan mengonsumsi air mineral ini juga perlu kamu lakukan saat menjalankan ibadah puasa ramadan.

Caranya kamu bisa menerapkan aturan 4-2-2 yaitu empat gelas saat berbuka puasa, dua gelas sebelum tidur dan dua gelas saat sahur. Dengan begitu, kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa akan terpenuhi dan membantu kamu terhindar dari dehidrasi.

  1. Kurangi kafein

Kafein seperti yang terkandung dalam kopi dan teh memang dipercaya bisa membantu mengatasi rasa kantuk. Tapi ada baiknya kamu mengurangi konsumsi minuman berkafein ini, karena efek diuretiknya bisa membuat kamu sering buang air kecil yang bisa mengakibatkan dehidrasi.

  1. Kurangi makanan asin

Baru beberapa jam tapi kamu sudah merasa haus? bisa jadi menu sahur kamu menjadi penyebabnya. Makanan asin atau yang mengandung banyak garam bisa membuat kamu haus bahkan kekurangan cairan.

Ini dikarenakan garam berpengaruh terhadap pengaturan cairan di tubuh. Terlalu banyak garam yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat kamu cepat haus dan kekurangan cairan seperti dehidrasi.

  1. Kurangi aktivitas fisik

Saat berpuasa memang dianjurkan untuk berolahraga dan melakukan aktivitas, bukan bermalas-malasan. Namun, kamu juga harus memperhatikan aktivitas fisik yang kamu lakukan, jangan sampai aktivitas fisik tersebut menyebabkan kamu kekurangan cairan dan dehidrasi.

  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Cairan tidak hanya bisa didapatkan dari minuman, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dari makanan. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung cukup air, sehingga kamu bisa merasa kenyang sekaligus kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Kamu dapat mengandalkan buah dan sayuran untuk jadi menu sahur dan menu berbuka puasa.

  1. Hindari panas

Bukan rahasia lagi, jika tempat yang panas bisa menyebabkan tubuh kamu memproduksi lebih banyak keringat. Produksi keringat yang lebih banyak inilah, yang membuat cairan tubuh berkurang dan tubuh mengalami dehidrasi. Ada baiknya selama menjalankan puasa ramadan, kamu menghindari tempat yang panas atau terpapar matahari dalam waktu yang lama.

  1. Perhatikan obat yang kamu konsumsi

Ada beberapa jenis obat-obatan termasuk suplemen yang membuat kamu buang air kecil terus, sehingga cairan tubuh menjadi semakin berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya kamu memastikan obat-obatan atau suplemen yang kamu konsumsi tidak memberikan efek dehidrasi dan membuat tubuh kekurangan cairan.