Wednesday, July 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Cara Agar Kamu Bisa Terhindar Dari Rasa Gugup Saat Wawancara Kerja

Cara Agar Kamu Bisa Terhindar Dari Rasa Gugup Saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja memang kadang semenakutkan itu. Rasanya seperti hidup dan matimu ditentukan oleh HRD yang mewawancara kamu. Lalu, gimana cara biar kamu enggak gugup dan malah menghancurkan wawancaramu? Dilansir Forbes, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti nih, biar kamu tenang menghadapi wawancara kerja.

  1. Mempersiapkan Dengan Matang

Kamu harus tahu dengan jelas latar belakang perusahaan tempatmu melamar kerja. Kenali dengan baik pekerjaan yang dituju. Pikirkan jawaban yang bisa kamu berikan ke pewawancara dan cari tahu pertanyaan apa saja yang biasa ditanyakan pewawancara kepada kandidat pekerja kantor.

  1. Plan

Persiapkan segala sesuatu yang harus kamu siapkan untuk wawancara nanti. Semalam sebelum wawancara, pastikan CV dan resume-mu telah siap untuk dibawa. Hal ini dilakukan agar kamu enggak panik kalau tiba-tiba tinta printer habis atau tempat print tutup.

  1. Latihan

Kamu harus bisa improvisasi dalam menjawab pertanyaan pewawancara. Entah dengan melatih diri menjawab pertanyaan pewawancara di cermin kamar, atau meminta kerabat menguji kamu.

  1. Anggap Wawancara Kerja Sebagai Obrolan Santai

Anggap saja dirimu sedang ngobrol sama pewawancara. Dengan kamu menganggap wawancara itu sebagai obrolan santai, kamu jadi enggak tegang dan gugup. Sehingga, bisa menjawab pertanyaan yang diajukan pewawancara dengan baik pula.

  1. Berpikir Positif dan Percaya Diri

Percaya diri adalah kunci dari keberhasilan kamu dalam menghadapi wawancara untuk lamaran pekerjaan. Berpikir positif bisa membantu agar kamu enggak gugup dan bisa tersenyum ketika melakukan wawancara. Jangan lupa, jika kamu gagal, kamu masih memiliki kesempatan yang besar di luar sana untuk mendapat pekerjaan yang baik. Jadi, jangan putus asa, ya!

  1. Istirahat yang Cukup

Sebelum mendatangi sebuah kantor untuk melakukan wawancara, Anda harus punya cukup tenaga dan perasaan tenang serta segar. Ini semua bisa Anda peroleh dengan istirahat cukup. Sehingga ketika sedang wawancara, Anda pun tidak akan merasa tegang dan khawatir berlebihan.

  1. Berdoa

Sebelum berangkat ke lokasi wawancara kerja, sebaiknya Anda berdoa memohon kepada Tuhan untuk memberi kekuatan dan ketenangan agar tidak gugup saat wawancara. Sebab kegiatan spiritual akan meningkatkan rasa percaya diri Anda dan keyakinan bahwa apa yang akan Anda lakukan bisa berjalan dengan baik dan lancar.