Monday, June 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Canggihnya Drone Tempur Buatan Indonesia

Canggihnya Drone Tempur Buatan Indonesia

PT Dirgantara Indonesia sekarang ini sedang mengembangkan Drone nasional atau Pesawat Terbang Tanpa Awak kelas Medium Altitude Long Endurance (MALE). Drone berjenis MALE ini telah mulai dicanangkan sejak tahun 2015. Dalam proses penyelesaian Drone Male ini, PTDI berencana melakukannya bekerja sama dengan Turkish Aerospace Industries. UAV MALE ini diketahui mampu terbang sampai ketinggian maksimum 40 ribu kaki serta mampu pula beroperasi selama 24 jam dengan jangkauan jelajah operasi hingga sejauh 5.000 kilometer.

Adapun TAI akan menjadi distributor untuk memasok sistem misi dari drone nasional ini. Direktur Teknologi dan Pengembangan PTDI Gita Amperiawan mengatakan nantinya sistem yang digunakan di drone ini akan serupa dengan sistem pada drone CH-4 dari China, Anka dari Turki dan Patroller dari Perancis.

“Sistemnya saja yang akan diambil dari luar, tapi UAV MALE tetap murni rancangan Indonesia,” katanya saat dihubungi kumparan, Senin (15/10).  Gita menyampaikan, pihak swasta yang ingin mengembangkan mission system drone ini juga diperbolehkan. Pihaknya mengaku akan memberi kesempatan bagi siapa saja yang ingin mengembangkan UAV MALE bersama PTDI.

Ke depan, UAV MALE ini juga akan diperlengkapi dengan senjata. Hingga saat ini, Gita mengatakan kalau konsorsium ini masih dalam tahap studi.  “TAI saat ini ikut tender pengadaan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) untuk TNI AU. Pengadaannya sedang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian (Kemhan). Sementara, kita baru akan mulai mengerjakan prototype pada tahun 2019,” katanya lagi.

UAV MALE ini diketahui bisa terbang hingga ketinggian maksimum 40 ribu kaki. Drone ini juga mampu beroperasi selama 24 jam dengan jangkauan jelajah operasi sejauh 5.000 kilometer.  “Jadi, PTDI akan bicara dengan TAI tentang program, tapi untuk support program UAV MALE tetap dari kita,” tutup Gita.

Kecanggihan drone tempur buatan Indonesia ini memang merupakan prestasi yang membanggakan bagi para anak bangsa yang telah berusaha selama ini. Namun tentunya dengan perkembangan yang masih terjadi dengan adanya kerjasama dengan Turki maka dipastikan akan ada lagi kemajuan pada Drone milik PTDI ini di masa depan. Atau mungkin akan ada juga teknologi canggih lain yang mampu diciptakan oleh para anak bangsa di masa yang akan datang.