Monday, May 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bule Ini Selamatkan Anjing Dan Kucing Di Pasar Tomohon

Bule Ini Selamatkan Anjing Dan Kucing Di Pasar Tomohon

Seperti yang kita ketahui, Pasar Tomohon, Manado, menjual berbagai daging hewan, seperti daging anjing dan kucing. Dan pada Selasa (5/3) lalu, aktivis hewan dunia melakukan penyelamatan terhadap delapan ekor kucing di pasar tersebut. Kucing-kucing yang tampak memprihatinkan dan berada dalam kerangkeng besi itu berhasil diselamatkan dari perdagangan daging kucing.

Founder and Director of Forderveren Animal Hope and Wellness e.V Germany, Sebastian Margenfeld, dan Direstor of Action Project Animal, Davide Acito, yang juga perwakilan Elisabetta Franchi Foundation, melakukan penyelamatan tersebut. Setelah diselamatkan dari para penjual di Pasar Beriman Tomohon, hewan-hewan tersebut dibawa ke shelter Animal Friends Manado Indonesia.

Karena kondisinya yang memprihatinkan, dokter hewan di shelter tersebut langsung memberikan perawatan. Sebastian Margenfeld mengatakan, ia tahu bahwa menyelamatkan beberapa hewan bukan merupakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebastian pun berharap bahwa dengan apa yang mereka lakukan bisa membangun rasa kepedulian dan merupakan contoh bagi yang lain akan tindakan cinta, kasih sayang serta keadilan bagi semua makhluk ciptaan Tuhan. Satu ha yang sangat menarik baginya adalah reaksi dari orang-orang yang ada disekitar pasar yang memuji aksinya dengan tepuk tangan saat melakukan aksi penyelamatan tersebut.

Aktor Inggris Peter Egan langsung meminta pemerintah Indonesia segera menghentikan perdagangan daging anjing dan kucing menyusul kunjungannya ke pasar hewan di Sulawesi Utara. Dia juga sempat menyelamatkan empat ekor anjing dari Pasar Tomohon.

Peter Egan datang ke Indonesia memang untuk mendukung kampanye Dog Meat-Free Indonesia (DMFI). Koalisi LSM yang peduli akan isu-isu kesejahteraan hewan. Didampingi oleh filmmaker Andrew Telling, Peter mengunjungi dua dari 200 pasar hewan di Indonesia, yaitu “Pasar Ekstrim” di Tomohon dan Pasar Langowan di Kabupaten Minahasa.

Dalam keterangannya kepada media, DFMI juga menjelaskan bagaimana Peter syok menyaksikan anjing dan kucing dijual dan dibantai di depan sesama anjing dan kucing yang ketakutan dalam kerangkeng. “Sang aktor dan juga aktivis DMFI berhasil menyelamatkan empat ekor anjing sebelum anjing-anjing itu akan dipukuli dan dibakar sampai mati,” katanya.

“Rekaman video perjalanannya ini telah menunjukkan betapa tertekannya Peter Egan setelah melihat para pedagang memegang pisau yang akan digunakan menjagal hewan-hewan itu,” tambah DMFI. Menurut DMFI, sudah jadi pemandangan sehari-hari para pengunjung pasar, termasuk anak-anak, melewati jalanan pasar yang dipenuhi darah hewan.