Tuesday, September 22Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bule Ini Gemes Dengar Rekaman Syahrini Nyanyi Bahasa Inggris

Bule Ini Gemes Dengar Rekaman Syahrini Nyanyi Bahasa Inggris

Seperti yang telah kita tahu, Syahrini memang dikenal dengan gaya yang selalu khas saat berbicara. Tapi bagaimanakah jika pemilik jargon “maju mundur syantik” itu berbicara dalam bahasa Inggris? Seorang Youtuber asal Kanada yang kini berkarir di Indonesia, Sacha Stevenson memberikan penilaian terhadap kemampuan dari Syahrini dalam berlafal ataupun berbahasa Inggris.

Sacha memang sangat sering mengkritisi kemampuan bahasa Inggris para selebriti Indonesia melalui program rutin di Channel Youtubenya yang diberi nama Seleb English. Dalam video-videonya itu, Sacha memutar rekaman percakapan yang dilakukan Syahrini dengan salah satu bule asal Eropa. Dari hasil rekaman itu pun menurutnya bahasa Inggris Syahrini lumayan bagus meskipun masih banyak salah dalam penekanan serta pelafalan kata.

“Dia memang lebih bagus daripada ‘little little i can’ tapi mungkin dia juga belum bisa menikmati baca koran dalam bahasa Inggris. Dia punya banyak kesalahan dalam grammar,” terang Sacha dalam video itu. Dari segi pelafalan pun, Sacha menjelaskan jika kesalahan Syahrini muncul saat ia mengatakan kata ‘person’. Syahrini disitu mengucapkan kata ‘person’ dengan penekanan pada suku kata ‘son’ dan lalu melafalkannya dengan ucapan ‘per-son’.

Padahal yang seharusnya adalah penekanan harus ada di suku kata ‘per’ dengan cara melafalkan kata ‘per-sen’. Ia mengoreksi bahwa ucapan Syahrini berdasarkan referensi di Cambridge Dictionaryvia Google. Walau begitu, Sacha menilai bahwa bahasa Inggris Syahrini memang sedikit terbatas namun masih dapat pula dimengerti. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang masih terbatas, Sacha mengungkapkan kekagumannya terhadap Syahrini sebagai penyanyi yang masih mau bekerja keras dalam menyempurnakan pelafalannya saat melakukan rekaman lagu dengan lirik dalam bahasa Inggris.

Syahrini awalnya memang melakukan rekaman di Belanda, namun karena salah dalam pelafalan sehingga ia harus mengulang lagi saat di Los Angeles. “Jadi dia mau sampai sesempurna mungkin. Padahal biasanya jika di Indonesia orang tidak mengerti bahasa Inggris dan kebanyakan orang masa bodoh saja namun dia masih peduli,” kata Sacha. Kemudian Sacha pun memutar cuplikan video Syahrini yang sedang melakukan rekaman pada lagu Dream Big.

Menurut Sacha, Syahrini masih kurang tepat dalam melafalkan lirik lagu Fighter. Menurut dirinya, lafal ‘Fighter’ itu justru terdengar seperti kata ‘Father’. Sacha pun terlihat tampak sangat gemas saat produser rekaman justru menganggap pelafalan Syahrini itu sudah benar. Ia pun juga mengomentari letak lidah dari Syahrini saat bernyanyi dengan lirik dalam bahasa Inggris saat dia berada di atas panggung.

“Syahrini, coba saja seandainya aku berada di sana waktu itu, aku pasti akan lihat itu dan aku juga pasti bisa membantu. Kenapa tidak telpon aku saja?” kata Sacha dengan nada gemas. Selain Syahrini, ada beberapa artis lain pula yang pernah ia komentari seperti Ayu Ting Ting, Agnez Mo, Dian Sastro, juga Sule.