Tuesday, May 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bubur Pedas Khas Pontianak Ini Justru Tidak Pedas Sama Sekali

Bubur Pedas Khas Pontianak Ini Justru Tidak Pedas Sama Sekali

Bicara tentang kuliner yang khas di Kalimantan Barat, tentu akan sangat menarik untuk dibahas dan disimak. Bahkan di setiap daerah, mempunyai jagoan masing-masing untuk mendapat predikat kuliner khas daerah tersebut. Tapi apakah anda sudah pernah berkenalan dengan makanan khas Sambas, Kalimantan Barat ini? Atau mungkin sudah masuk dalam daftar wajib kuliner kalau berkunjung ke Kalimantan Barat? mari kita kenalan dulu bagi yang belum mengenal Bubur Legend dari tanah Kalimantan yang satu ini.

Bubbor Paddas atau yang lebih seringnya dikenal dengan Bubur Pedas ini, bukan mengandung makna pedas yang sebenarnya. Apabila dilihat sekilas, salah satu makanan khas Kalimatan Barat ini mirip dengan sop. Uniknya lagi, bahan yang digunakan untuk pembuatan Bubur Pedas yang berasal dari Sambas, Kalimatan Barat ini sangatlah beraneka ragam.

Cita rasa dan juga aromanya yang khas, membuat banyak orang penasaran. Jalanan untuk mencari tempat di mana Bubur Pedas ini dijual juga selalu ramai. Mari kita simak bahan dan cara pembuatannya sebelum menyelam lebih dalam tentang cita rasa dan aroma khasnya. Are you ready?

Beras dalam Bubur Pedas ini diolah menjadi agak halus dan kemudian berbentuk seperti bulir kecil. Umumnya ditambahkan dengan sayuran yang telah dipotong kecil-kecil, seperti pakis, kangkung, taoge atau kecambah, kacang panjang, biji jagung, daun katuk, daun kesum, daun kunyit, dan kelapa parut sangrai. Seiring bertumbuhnya kreatifitas dan juga selera, ada juga yang menambahkan jenis sayuran lainnya.

Selanjutnya, semua bahan tadi akan dimasukkan dan dimasak dengan rempah-rempah dan bumbu dapur lainnya. Ini yang membuat aroma bubur khas Sambas ini sangat menggiurkan. I guarantee you my friend!

Aroma khas dari Bubur Pedas yang menggiurkan ini juga tidak serta merta sama dengan penampilan luar bubur, yang terlihat berwarna cokelat kehitaman dan sedikit pucat. Hal ini biasanya akan membuat orang yang pertama melihatnya akan merasa enggan untuk mencoba. Tetapi, tentu kita tak dapat menilai cita rasa makanan khas ini tanpa di coba, benarkan? Karena aku yakin, semua rasa enggan dan penasaran tersebut akan terpuaskan dengan satu lahapan pertama. Oke lets go! Kita mulai bicara cita rasa.

Teman-teman tidak perlu langsung ke Sambas untuk menjumpai bubur legend ini. Ada rekomendasi tempat berjualan Bubur Pedas yang sudah turun-temurun dan juga memiliki beberapa cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Pontianak. Teman-teman yang sudah penasaran dengan Bubur Pedas ini, silahkan datang ke Bubur Pedas Pa’Ngah.

Bubur Pedas Pa’Ngah merupakan nama tempat yang seketika langsung terlintas, ketika turis ataupun teman-teman bertanya “Aku ingin makan Bubur Pedas, di mana ya carinya?”. Lokasi yang kali ini aku datangi, beralamat di Jalan Pangeran Nata Kusuma, tepat setelah Gang Siliwangi. Mulai berjualan dari jam 08.00 WITA -22.00 WITA setiap harinya. Tidak sulit menemukan tempat ini, karena di malam hari pun neon box menerangi tempat penyedia Bubur Pedas ini.

Di sini satu porsi Bubur Pedas dijual dengan harga sekitar Rp 11.000 saja. Dengan Rp 11.000 saja dengan segala cita rasa dan aroma khas tersebut. Siapa bilang kuliner khas itu mahal? Tentu tidak! Menu ini juga tergolong murah dan terjangkau, ditambah lagi manfaat sayur-mayur yang tentunya menyehatkan. Harga murah meriah, sehat, dan bermanfaat. Yakin enggak mau nambah? Dua porsi mungkin? Haha.

Kita sebut saja Rp 11.000 itu porsi reguler yang sudah dilengkapi dengan kacang tanah dan ikan teri goreng. Akan tetapi, bagi kalian yang suka dengan kombinasi campuran lain seperti bakso sapi, kikil, daging sapi, dan tulang iga sapi untuk menemani bubur pedas ini, di sini juga disediakan, dan dapat dipesan sesuai selera kita masing-masing.

Tidak hanya Bubur Pedas, namun tersedia juga Mie Sagu, aneka pilihan Nasi Goreng, Bakso Sapi, Sop Kambing, Sop Daging, Sop Buntut, Sop Kaki Sapi, dan Sop Kikil yang dapat teman-teman pesan dan nikmati di sini. Untuk cabang lainnya, Bubur Pedas Pa’Ngah ini juga dapat ditemukan di Jalan Komyos Soedarso (Jeruju), samping Gang Jagung, Jalan Desa Kapur, setelah Alfamart kedua.

Semoga Bubur Pedas ini bisa menambah daftar panjang target kuliner teman-teman jika ingin berkunjung ke Kalimantan Barat, terutama Pontianak. Jangan penasaran lagi, datang dan manjakan sendiri lidah kalian bersama kuliner khas Kalimantan.