Thursday, July 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Buah-buahan Ini Bisa Jadi Menu Andalan Sahur Kamu

Buah-buahan Ini Bisa Jadi Menu Andalan Sahur Kamu

Menyantap makanan kaya gizi saat sahur jadi salah satu cara agar tetap prima saat berpuasa. Tak hanya menu seperti nasi dan aneka lauk-pauknya, buah-buahan juga kerap dipilih untuk menu sahur tambahan.

Buah mengandung vitamin yang bisa mempertahankan stamina tubuh. Kandungan air di dalam buah juga akan menurunkan risiko dehidrasi atau kekurangan cairan. Agar maksimal menjalankan puasa, berikut lima jenis buah kaya kandungan air yang cocok disantap saat sahur:

  1. Semangka

Bukan rahasia lagi bila semangka termasuk salah satu buah yang bisa menambah cairan tubuh. Dari data United States Department of Agriculture (USDA), kandungan air di dalam 150 gram semangka matang mencapai 118 ml atau sekitar 98 persen dari bobotnya.

Karena kandungan airnya yang tinggi, kalori di dalam semangka cenderung rendah. Menurut jurnal dari US National Library of Medicine tahun 2016, makanan rendah kalori akan mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Sehingga saat puasa pun, perut tak mudah lapar.

  1. Stroberi

Di balik rasanya yang asam manis, kandungan air di dalam stroberi mencapai lebih dari 90 persen dari bobotnya. Dari jurnal The Potential Impact of Strawberry on Human Health yang diterbitkan tahun 2013, buah mungil ini punya kandungan nutrisi yang cukup padat. Ada serat, mineral, hingga vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Bila dikonsumsi secara teratur, stroberi akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh saat berpuasa.

  1. Jeruk

Dari data USDA, satu cangkir jeruk mengandung sekitar 156 ml air atau sekitar 88 persen dari beratnya. Selain itu jeruk juga dikenal dengan kandungan vitamin C dan seratnya yang tinggi. Perpaduan air, vitamin C, dan serat dalam jeruk membuat tubuh tetap segar. Kita juga jadi tak mudah terserang penyakit meski sedang berpuasa.

  1. Melon

Melon jadi buah favorit untuk melepas dahaga usai berpuasa. Tak hanya untuk takjil berbuka, kandungan air yang mencapai 90 persen membuat buah berwarna hijau ini cocok disantap untuk menu sahur. Sebuah penelitian dari University of California tahun 2001 menyebutkan bahwa kandungan vitamin A di dalam melon yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh bisa mencukupi kebutuhan harian hingga 120 persen.

  1. Tomat

Tak ada salahnya menambah sebuah tomat sebagai menu sahurmu. Sebab, kandungan air di dalam buah berbiji banyak ini bisa mencapai 94 persen. Selain itu, kalorinya juga terbilang rendah yakni hanya sekitar 32 kkal per cangkirnya. Kalori yang rendah akan membuat perut kenyang lebih lama sehingga puasa pun tak akan mengganggu aktivitas harian.