Wednesday, November 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Buah-buahan Ini Bisa Bikin Kamu Segar Dan Berenergi

Buah-buahan Ini Bisa Bikin Kamu Segar Dan Berenergi

Saat kekurangan energi, tubuh cenderung lemas dan cepat merasa lelah. Produktivitas jadi terhenti, padahal masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Kalau sudah begini, biasanya salah satu cara yang kerap dilakukan adalah meneguk kopi.

Eits, meski bisa memberimu lonjakan energi seketika, tapi konsumsi kopi yang berlebihan malah akan membuatmu merasa lemas, lho. Alih-alih mengonsumsi kopi atau minuman berenergi, kamu bisa menyantap buah-buahan sebagai pilihan alternatif.

Beberapa buah dapat memperlambat proses penyerapan karbohidrat, sehingga membuat energi dapat bertahan dalam waktu lebih lama. Lalu, buah apa saja yang bisa kamu konsumsi? Simak ulasan yang telah kumparan rangkum berikut ini, yuk!

  1. Pisang

Bila kamu mencari kudapan praktis yang bisa memberikan energi tahan lama, buah pisang bisa jadi pilihan. Tak cuma menjadi sumber gula alami, pisang juga kaya akan serat yang bisa memperlambat penyerapan gula. Selain itu, berbagai kandungan nutrisi di dalamnya berperan dalam memberikan energi penuh.

  1. Alpukat

Sebuah studi dalam jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition mencatat, alpukat mengandung nutrisi, protein, dan serat yang bisa membantu menjaga energi sepanjang hari. Alpukat juga mengandung lemak sehat yang bisa meningkatkan energi. Bukan itu saja, kandungan vitamin B pada buah hijau ini sangat dibutuhkan untuk optimalisasi fungsi mitokondria dalam memproduksi sel energi.

  1. Goji berry

Meski berukuran mungil, tapi goji berry mengandung segudang nutrisi dan antioksidan, lho. Menurut penelitian tahun 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal PubMed, jus goji berry akan memberikan perlindungan antioksidan, membantu kinerja pikiran dan kewaspadaan, serta mengurangi rasa kantuk.

Sebagai tambahan, buah ini juga kaya serat, yang dapat memperlambat pencernaan dan pelepasan energi tubuh.

  1. Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk membuatnya kaya akan komponen antioksidan. Nah, antioksidan tersebut dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif yang menyebabkan rasa kantuk.

Penelitian berjudul Orange juice improved lipid profile and blood lactate of overweight middle-aged women subjected to aerobic training menemukan, adanya peningkatan performa olahraga pada perempuan yang mengonsumsi 500 ml jus jeruk terlebih dahulu. Bahkan, rasa lelah pada otot juga ikut menurun.

  1. Apel

Salah satu buah populer yang satu ini mengandung karbohidrat dan serat yang cukup tinggi. Dengan demikian, ia bisa memperlambat tingkat energi yang dikeluarkan tubuh dan membuatnya lebih tahan lama. Kandungan antioksidan pada apel juga tinggi, sehingga dapat memperlambat penyerapan karbohidrat, dan menghasilkan energi dalam waktu yang lebih lama.

  1. Blueberry

Buah beri berwarna gelap seperti blueberry, raspberry, dan blackberry menjadi makanan peningkat energi yang sangat baik. Apalagi, bila tubuh sedang ingin menyantap makanan manis. Beri gelap tersebut cenderung memiliki antioksidan lebih tinggi ketimbang beri berwarna cerah. Kandungan antioksidan inilah yang berperan dalam mengurangi inflamasi dan kantuk pada tubuh.

  1. Stroberi

Stroberi merupakan sumber karbohidrat, serat, dan gula yang dapat menambah tingkat energi. Setidaknya, dalam satu cangkir stroberi mengandung; 12 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 7 gram gula. Secangkir stroberi bahkan dapat memenuhi 149 persen kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan.