Friday, July 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bruno Fernandes: Gelandang Sporting Lisbon dikaitkan dengan Man City dan Man Utd

Anda mungkin sering mendengar nama Bruno Fernandes selama bulan Juni dan Juli. Gelandang 24 tahun adalah salah satu prospek terpanas di sepak bola Portugal dan dikaitkan dengan kepindahan ke Liga Premier, dengan Manchester City dan Manchester United dilaporkan memimpin minat.

Kapten Sporting Lisbon telah mencetak 32 gol dan mendaftarkan 17 assist di semua kompetisi musim ini dan merupakan pemain Liga Primeira yang berkuasa tahun ini. Jadi apa yang membuatnya begitu baik – dan apa yang akan dia bawa ke Liga Premier?

Lebih baik dari Pogba? Lampard selanjutnya?

Fernandes memiliki 20 gol dan 13 assist di Liga Primeira musim ini. Keterlibatannya dalam 33 gol liga adalah jumlah yang lebih tinggi daripada yang bisa dibanggakan oleh gelandang lain di divisi teratas liga terkemuka Eropa – Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, Prancis, Portugal, dan Belanda.

Itu berarti dia duduk di atas beberapa nama besar. Ini lebih, misalnya, daripada yang dicapai Manchester United Paul Pogba dan Tottenham Christian Eriksen. Pemain internasional Portugal telah terlibat dalam 46% dari 71 gol Sporting di liga musim ini. Dia telah menjadi pemain liga bulan ini empat kali musim ini, memenangkan penghargaan selama tiga bulan terakhir, dan empat kali musim lalu.

Dan dia hanya satu gol di belakang pemain depan Benfica, Haris Seferovic, dalam daftar pencetak gol liga dengan satu pertandingan tersisa. Hanya dalam dua musim di Portugal – mengikuti mantra bersama Udinese dan Sampdoria di Italia – ia memiliki 48 gol dan 37 assist dalam 107 pertandingan.

Dia telah dibandingkan dengan Frank Lampard, melampaui musim paling hebat bagi Chelsea pada 2009-10 ketika dia mencetak 27 gol, yang dianggap sebagai rekor bagi gelandang tengah di Eropa.

Keterlibatan gol oleh gelandang di lima liga top Eropa, Primeira Liga dan Eredivisie

Bentuknya yang produktif telah mengesankan rekan setim di bawah 21 dan internasional saat ini, Bernardo Silva.

“Dia telah membuat musim yang fantastis dengan banyak gol, banyak assist yang tidak normal bagi pemain dari posisinya, dia memiliki angka-angka terkemuka dan kami akan melihat apa yang terjadi pada akhir musim,” kata Manchester, 24 tahun. Gelandang kota mengatakan, dia adalah pemain yang bisa bermain di kejuaraan lain.

Fernandes telah menjadi cahaya yang bersinar untuk Sporting, bahkan ketika tim berjuang dan finish ketiga tahun lalu dan dinobatkan sebagai pemain terbaik liga di depan striker Brasil Benfica Jonas, yang telah mencetak 34 gol. Dia diperkirakan akan memenangkan trofi lagi tahun ini.

Tim diatur untuk finis ketiga lagi setelah imbang 1-1 hari Minggu dengan Tondela, dengan – Anda dapat menebaknya – Fernandes menjadi pencetak gol untuk Sporting. Dia juga masih bisa memenangkan kompetisi piala domestik utama negara itu, Taca de Portugal, ketika Sporting memainkan Porto di final pada 25 Mei.

“Dia memiliki naluri pembunuh untuk seorang gelandang,” Sergio Pires, penulis sepakbola di situs web Portugis, Maisfutebol. “Fernandes sangat mirip dengan Lampard, sangat mirip dengannya dalam beberapa aspek, tetapi belum sekuat itu. Dia cerdas, tim bermain di sekelilingnya, dia adalah pusat gravitasi mereka. Musim ini dia meniup setiap rekor sekarang dia harus membuat langkah selanjutnya.”

‘Sempurna untuk Manchester City’

Fernandes menghabiskan sebagian besar karir mudanya di Boavista sebelum pindah ke Italia pada 2012. Setelah sempat bermain di Udinese dan Sampdoria, ia kembali ke Portugal bersama Sporting pada 2017 dengan harga £ 8,5 juta. Setahun kemudian dia adalah salah satu dari sejumlah orang yang keluar dari klub setelah serangan para penggemar di tempat latihan mereka. Tetapi hanya beberapa hari kemudian dan setelah pengunduran diri presiden Bruno de Carvalho, ia bergabung kembali, menandatangani kontrak lima tahun baru dengan klausul rilis 100 juta euro.

Namun, ia diperkirakan akan diizinkan untuk pergi dengan kurang dari itu jika sebuah klub mengajukan penawaran yang besar, menurut media Portugal. Berapa banyak yang akan bervariasi di media, di mana saja dari £ 40 juta – £ 85 juta.

“Olahraga tidak berada di tempat untuk menolak tawaran 70 juta euro atau bahkan 55 juta euro,” kata Pires.

Berapa pun jumlahnya, kemungkinan akan memecahkan rekor transfer papan atas Portugal sebesar £ 42,7 juta yang dibayarkan Real Madrid kepada Porto untuk pemain belakang Eder Militao. Harga itu bisa naik jika dia mengesankan untuk Portugal di final Liga Bangsa-Bangsa pada bulan Juni dan menambah 11 caps-nya.