Sunday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bolehkan Makanan Dipanaskan Setelah Sahur?

Bolehkan Makanan Dipanaskan Setelah Sahur ? - Info Sahur

Tentu akan sangat merepotkan jika setiap santap sahur harus memasak terlebih dahulu, namun kurang menggoda makanan yang telah dingin harus di makan kembali. Lebih enak jika makan makanan yang masih hangat, apalagi saat sahur nafsu makan akan menurun, akibat terbangun di tengah malam.

Maka dari itu, banyak ibu yang memasak langsung sekaligus dengan tujuan nanti saat sahur hanya perlu memanaskan saja. Namun harus perhatikan, bahan makanan apa saja yang digunakan saat memasak tadi, karena beberapa jenis sayuran tidak oleh dipanaskan kembali saat di makan. Bisa jadi sebuah pengalaman buruk saat sahur nantinya.

5 Bahan Makanan Tidak Boleh Dipanaskan Lagi Setelah Dimasak

1. Bayam

Ini adalah sayuran yang sudah paten tidak boleh dipanaskan kembali, selain karena daunnya cepat sekali layu ada kandungan racun yang akan keluar saat bayam dipanaskan ulang. Dimana kandungan nitrat akan berubah menjadi nitrit, ini bisa menjadi racun. Selain itu, bayam juga memiliki sifat karsinogenik dalam tubuh.

2. Jamur

Banyak orang mengalami keracunan setelah konsumsi jamur, bukan karena salah memilih jenisnya. Hal ini karena jamur termasuk bahan makanan yang kurang bagus di konsumsi jika dipanaskan kembali. Jika memang masih tersisa banyak, maka lebih bagus konsumsi jamur dalam keadaan dingin, karena jika dipanaskan ulang, maka memengaruhi sistem pencernaan. Hal ringan bisa mengakibatkan sakit perut, bahkan ada penyakit lebih serius lagi.

3. Brokoli

Sayuran hijau yang sangat baik untuk kesehatan ini, tidak bagus jika sudah menjadi masakan dan dipanaskan kembali sebelum di makan. Pasalnya mengandung nitrat yang bisa membahayakan untuk kesehatan, selain itu masakan dari brokoli jika di panaskan bisa memicu aktifnya sel kanker dalam tubuh.

4. Daging Ayam

Banyak orang mengabaikan, jika daging ayam yang sudah dimasak sebaiknya tidak dipanaskan kembali. Namun jika membuat dalam jumlah besar dan berbuah, seperti opor, boleh dipanaskan namun gunakan api kecil saja.

Baca juga: Penderita Tekanan Darah Tinggi Tetap Bisa Puasa Dengan Nyaman, Ikuti Tipsnya!

Mengapa olahan daging ayam tidak bagus dipanaskan kembali? Karena akan merusak kandungan protein, sehingga akan hanya mengkonsumsi sampah saat ketika sampai dalam tubuh. Hal ini juga mengganggu sistem pencernaan dan mempersulit buang air besar.

5. Telur

Kebanyakan memang konsumsi telur dengan cara di goreng, ini aman jika sampai matang. Namun berbahaya jika konsumsi telur rebus dipanaskan kembali, karena telur bersifat letal dan punya dampak negatif jika di konsumsi.

Ternyata beberapa jenis makanan di atas bisa jadi Anda panaskan kembali sebelum di makan, ini memberikan dampak kurang bagus. Jika selama ini hanya mengalami gangguan sakit perut atau pusing, bisa jadi kondisi tubuh sedang bagus. Namun ini bisa jadi masalah serius, jika Anda lakukan berulang, ada baiknya olahan bahan makanan di atas tidak dipanaskan kembali dan dijadikan menu sahur.

One Comment

Comments are closed.