Saturday, February 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Bocah Ini Harus Lintasi Dua Negara Hanya Untuk Dapat Bersekolah

Bocah Ini Harus Lintasi Dua Negara Hanya Untuk Dapat Bersekolah

Di era Milenial ini memang telah banyak orang yang sadar akan pentingnya pendidikan dan hal itu tentunya sangat bagus. Apapun akan dilakukan oleh para orangtua untuk bisa menyekolahkan anaknya dan menimba ilmu di sekolah. Bahkan yang selama ini menjadi sorotan adalah banyaknya anak-anak yang tinggal di perbatasan antara Indonesia dengan negara lain harus berjuang melintasi rintangan untuk hanya dapat sampai ke sekolah.

Dan seorang anak bernama Nursaka ini adalah salah satu contoh nyata yang memiliki pengalaman yang sangat unik tentang perjuangannya untuk bersekolah. Nursaka adalah seorang anak berusia 8 tahun yang tinggal di daerah Tebedu, Serian, Serawak Malaysia. Namun yang unik jika biasanya anak Indonesia yang harus bersekolah ke Malaysia namun kali ini ada seorang bocah yang tinggal di Malaysia harus melintasi perbatasan untuk dapat bersekolah ke Indonesia.

Namun ternyata Nursaka adalah seorang WNI yang tinggal di Malaysia sehingga setiap hari ia harus menyeberangi perlintasan untuk dapat bersekolah. Bocah yang biasanya akrab disapa dengan panggilan Saka itu bersekolah di Sontas, Entikong, Kalimantan Barat. Dalam akun Twitternya, Ditjen Imigrasi mengungkapkan bahwa Saka adalah seorang siswa SD yang setiap hari melintasi dua negara lewat PLBN Entikong untuk bersekolah ke Indonesia.

Baca juga: Di Negeri Ini, Anak-anak SD Harus Berangkat Sekolah Sendiri

Nursaka dan keluarganya diketahui memang tinggal di perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia. Namun untuk urusan pendidikan, Nursaka tetap memilih untuk bersekolah di Indonesia walaupun ia dan keluarganya tinggal di Malaysia. Saka juga berujar jika setiap hari ia bersekolah melewati Pos Lintas Batas Negara atau disingkat dengan PLBN. Dan untuk melewat PLBN, Saka harus memiliki PLB alias Pas Lintas Batas yang merupakan dokumen perjalanan yang dimiliki khusus untuk warga yang tinggal di sekitar wilayah perbatasan.

Saka mengatakan jika saat berangkat ia meggunakan ojek dan saat pulang sekolah ia menggunakan mobil tanpa lupa membawa dokumen alias PLB saat hendak melewati PLBN Indonesia dengan Malaysia. Sontak keseharian Saka ini dalam berjuang untuk bersekolah pun langsung dikomentari beragam oleh para Netizen. Para warga dunia maya tersebut banyak yang salut kepada Saka yang tetap cinta tanah air dan tetap berjuang dalam meraih pendidikan di Indonesia walau tinggal di Malaysia.

Dan terakhir Nursaka mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Jokowi karena kegigihannya dalam menempuh perjalanan lintas negara hanya untuk meraih pendidikan di Indonesia.

Related Post

Artis Ini Berebut Nama Merek Dagang Dengan Pihak L...   Terkait permasalahan merek Bensu yang telah digunakan oleh Jessy Handalim dan terdaftar di Direktorat Merek Hak Kekayaan Intelektual sejak 3 S...
Pasangan Dapat Dipercaya, Kenali Tanda-Tandanya! Pasangan dapat dipercaya menjadi dambaan setiap orang, apalagi jika Anda sudah punya suami atau pacar yang layak mendapatkan kepercayaan penuh. Maka h...
Ini Dia Petugas ATC Bandara Palu Yang Korbankan Ny... Pada hari Jumat petang Indonesia kembali berduka saat terjadi Gempa Bumi dan juga Tsunami di Donggala dan Palu. Gempa berkekuatan 7,4 SR itu mempora...
Boss Alibaba Balas Budi Temannya Dengan Cara Ini Jack Ma adalah pendiri Alibaba yang merupakan salah satu tokoh pembaharuan China yang telah berawal dari tahun 1980 dan dimulai sejak organisasi Aus...